RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Oleh
Nama : Yuli Setyaningrum
NIM :
1105115024
Kelas : PGSD A Pagi
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MULAWARMAN
SAMARINDA
2013
SILABUS
KELAS IV SD
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Tema
|
Pendekatan Pembelajaran
|
Pendekatan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
SBdp
|
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah
nada.
|
Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak
|
1.Mengamati Gambar
2. Eksperimen/ mencoba
|
Tugas
1.Menjawab Pertanyaan
2. Bernyanyi
|
1 hari
|
1. Buku Paket
2. Benda yang ada di dalam kelas
|
Matematika
|
3.1
Menentukan kelipatan persekutuan dua
buah bilangan dan menentukan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK).
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain, serta memeriksa kebenarannya.
|
|
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya, dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak energy panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
|
|
|
|
|
|
IPA
|
3.3
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, dan energi melalui pengamatan,
serta mendeskripsikan penerapanya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Menyajikan laporan hasil percobaan gaya
dan gerak menggunakan tabel dan grafik.
|
|
|
|
|
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : IV/ II
Tema/Sub Tema : Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan ke-luarga,
teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
SBdp
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah
nada.
Matematika
3.1 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri,
menyatakan kalimat matematika dan
memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain, serta memeriksa kebenarannya.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya,
dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulisan
dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energy panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.
C.
Indikator
SBdp
1.
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan
dan badan sesuai dengan tinggi
rendah nada.
Matematika
1.
Menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK
Bahasa Indonesia
1.
Menceritakan pengalaman mengenai
gaya dan gerak dengan menggunakan
kosakata baku
IPA
1.
Menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.
D.
Tujuan
1. Dengan
kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di sekitar sekolah, siswa mampu mengidentifikasi jenis gaya
(tarikan/dorongan) yang terjadi dengan tepat.
2. Setelah
kegiatan eksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep KPK dengan benar.
3. Dengan
menyanyikan lagu “Kring-Kring ada Sepeda”, siswa mampu menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai
dengan tinggi rendah nada
4. Dalam
tulisan yang dibuatnya, siswa mampu menceritakan pengalamannya mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan
kosakata baku.
E.
Materi
SBdp
- Siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat bernyanyi, guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Matematika
- Siswa melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.
Bahasa Indonesia
- Siswa mengamati berbagai gerak yang terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar gerak benda disebabkan oleh mahluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh benda yang lain, (misalnya, angin).
IPA
- Siswa membaca ilustrasi tentang benda bergerak di sekitar mereka
- Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar yang berhubungan dengan gerak dan gaya.
- Siswa memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong benda.
F.
Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi : CTL (Contextual Teaching and Learning)
Teknik : Examples
Non-Examples
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Eksperimen, Simulasi
dan Discovery
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Dilanjutkan
dengan bertanya jawab kepada siswa tentang siapa yang suka naik sepeda
4. Mengajak siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat
bernyanyi, guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendah nada.
5. Setelah bernyanyi, siswa menuliskan perasaan mereka menemukan
jenis gaya dan gerak dari kegiatan bernyanyi.
6. Menginformasikan
Tema yang akan diajarkan yaitu tentang
“Selalu Berhemat Energi”(Gaya dan Gerak)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
diberi kesempatan membaca ilustrasi tentang benda bergerak agar memperoleh
gambaran konkret tentang gaya dan gerak di sekitar mereka.(Memahami)
2. Guru
mengajak siswa untuk membuka dan menutup pintu, mendorong, dan menarik meja,
serta meremas selembar kertas, seperti yang diilustrasikan pada buku.(Eksplorasi).
3. Siswa
menjawab pertanyaan di buku dan mereka diminta untuk mendiskusikan jawabannya
dengan teman sebelahnya. (Penilaian no. 1)
4. Guru memberi siswa kesempatan untuk mengamati
gambar yang berhubungan dengan gaya dan gerak selama 5 menit.(Memahami)
5. Guru meminta siswa memindahkan benda-benda
di sekitar mereka. Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong
benda. (Eskplorasi)
6. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bereksplorasi dan menuliskan hasilnya pada buku.
7. Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang
gaya dan gerak.
8. Guru meminta siswa
melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya. Permainan ini
bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep dasar dari
Kelipatan Persekutuan Terkecil.
9. Siswa
mengerjakan soal yang ada pada buku dan saling bertukar jawaban dengan teman
kelompoknya.(Penilaian no. 1).
10.
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
|
150 menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
4. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan anak-anak untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran
5. Mengamati
sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya cara melafalkan
dsb)
6. Apabila
ada siswa yang kurang benar atau kurang sempurna dalam berdoa maka setelah
selesai kegiatan berdoa langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih
di sempurnakan.
|
15 menit
|
H.
Sumber
dan Media
-
Benda-benda di lingkungan kelas dan di sekolah.
Kekurangan :
1)
Tidak semua benda di satu sekolah dengan yang lainnya sama
Kelebihan :
1)
Siswa dapat menggunakan benda-benda yang nyata dan tidak asing bagi keseharian
mereka
2)
Siswa tidak perlu membawa lagi perlengkapan praktek
-
Buku Panduan Siswa
Kekurangan :
1.
Tidak semua siswa dapat membeli buku panduan
2.
terkadang isi buku terlalu monoton
Kelebihan :
1.
Siswa mendapat kemudahan untuk mengetahui materi yang akan dibahas
2.
Siswa dan guru mendapat panduan dalam apa yang akan di ajarkan
I. Penilaian
Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Menggunakan
format pengamatan, dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
1. Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka.
No
|
Nama
|
Skor
|
Ket
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Keterangan
Skor :
0 – 30
= Kurang Sekali
31
– 50 = Kurang
51
– 70 = Cukup
71
– 90 = Baik
2. Daftar Periksa IPA.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarikdan
didorong
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas
|
|
|
3.
Daftar Periksa Bahasa Indonesia.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Dalam cerita yang dibuat
sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih
|
|
|
Dalam cerita yang dibuat
sudah memuat cara bagaimana aku menggerakkan benda-benda yang aku pilih
|
|
|
Dalam cerita yang dibuat
sudah memuat jenis gaya yang aku berikan pada benda-benda yang aku pilih
|
|
|
4.
Daftar Periksa SBdP
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa dapat menyanyikan lagu
“Ada Sepeda” sesuai dengan syair
|
|
|
Siswa dapat menyanyikan lagu
“Ada Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah nada
|
|
|
Siswa dapat menyanyikan lagu
“Ada Sepeda” sesuai dengan gerak tangan dan badan
|
|
|
5.
Penilaian sikap (rasa ingin tahu,tekun
dan teliti, cinta tanah air).
Contoh
catatan pengamatan sikap dan keterampilan
Catatan pengamatan sikap dan
keterampilan
(Catat sikap dan keterampilan yang menjadi fokus )
Catatan:
1. Guru
dapat menggunakan kata-kata berikut untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
·
Belum terlihat
·
Mulai terlihat
·
Mulai berkembang
·
Sudah terlihat/membudaya
2. Setiap
hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah
siswa di kelas.
Contoh
alternatif penilaian sikap
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1
|
Rasa Ingin Tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
3
|
Tekun
|
|
|
|
|
|
4
|
Cinta Tanah Air
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
1 = Belum Terlihat
2 = Mulai Terlihat
3 = Mulai Berkembang
4 = Membudaya
Skor Maksimal = 16
Nilai =
skor perolehan x 100
Skor maksimal
Pengayaan
Siswa mengamati
berbagai gerak yang terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar
gerak benda disebabkan oleh mahluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh
benda yang lain, (misalnya, angin).
Mengetahui
|
|
0 komentar:
Posting Komentar