Subscribe:

Sabtu, 05 Oktober 2013

RPP Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





Oleh

Nama        : Yuli Setyaningrum
NIM                    : 1105115024
Kelas         : PGSD A Pagi


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2013
SILABUS KELAS IV SD
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Tema
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
SBdp
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak
1.Mengamati Gambar
2. Eksperimen/ mencoba
Tugas
1.Menjawab Pertanyaan
2. Bernyanyi
1 hari
1. Buku Paket
2. Benda yang ada di dalam kelas
Matematika
3.1 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau    tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.





Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya, dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energy panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.






IPA
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester            : IV/ II
Tema/Sub Tema          : Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak
Pertemuan ke              : I
Alokasi Waktu            : 5 x 35 menit

A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan ke-luarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar
SBdp
3.3 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Matematika
3.1 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau     tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya, dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energy panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari.
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.

C.   Indikator
SBdp
1. Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Matematika
1. Menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK
Bahasa Indonesia
1. Menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku
IPA
1. Menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.

D.   Tujuan
1.      Dengan kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di sekitar sekolah, siswa mampu mengidentifikasi jenis gaya (tarikan/dorongan) yang terjadi dengan tepat.
2.      Setelah kegiatan eksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep KPK dengan benar.
3.      Dengan menyanyikan lagu “Kring-Kring ada Sepeda”, siswa mampu menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
4.      Dalam tulisan yang dibuatnya, siswa mampu menceritakan pengalamannya mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku.


E.   Materi
SBdp
  1. Siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat bernyanyi, guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Matematika
  1. Siswa melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.
Bahasa Indonesia
  1. Siswa mengamati berbagai gerak yang terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar gerak benda disebabkan oleh mahluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh benda yang lain, (misalnya, angin).
IPA
  1. Siswa membaca ilustrasi tentang benda bergerak di sekitar mereka
  2. Siswa diberi kesempatan untuk mengamati gambar yang berhubungan dengan gerak dan gaya.
  3. Siswa memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong benda.

F.   Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Strategi       : CTL (Contextual Teaching and Learning)
Teknik        : Examples Non-Examples
Metode       : Penugasan, Tanya Jawab, Eksperimen, Simulasi dan Discovery

G.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.  Mengajak semua siswa berdoa menurut agama masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.  Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.  Dilanjutkan dengan bertanya jawab kepada siswa tentang siapa yang suka naik sepeda
4.  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat bernyanyi, guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendah nada.
5.  Setelah bernyanyi, siswa menuliskan perasaan mereka menemukan jenis gaya dan gerak dari kegiatan bernyanyi.
6.  Menginformasikan Tema yang akan diajarkan  yaitu tentang “Selalu Berhemat Energi”(Gaya dan Gerak)
10 menit
Inti
1.  Siswa diberi kesempatan membaca ilustrasi tentang benda bergerak agar memperoleh gambaran konkret tentang gaya dan gerak di sekitar mereka.(Memahami)
2.  Guru mengajak siswa untuk membuka dan menutup pintu, mendorong, dan menarik meja, serta meremas selembar kertas, seperti yang diilustrasikan pada buku.(Eksplorasi).
3.  Siswa menjawab pertanyaan di buku dan mereka diminta untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelahnya. (Penilaian no. 1)
4.  Guru memberi siswa kesempatan untuk mengamati gambar yang berhubungan dengan gaya dan gerak selama 5 menit.(Memahami)
5.  Guru meminta siswa memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong benda. (Eskplorasi)
6.  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dan menuliskan hasilnya pada buku.
7.  Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang gaya dan gerak.
8.  Guru meminta siswa melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.
9.  Siswa mengerjakan soal yang ada pada buku dan saling bertukar jawaban dengan teman kelompoknya.(Penilaian no. 1).
10.                Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
150 menit
Penutup
1.  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.  Bertanya jawab tentang  materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.  Melakukan penilaian hasil belajar
4.  Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan anak-anak untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
5.  Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya cara melafalkan dsb)
6.  Apabila ada siswa yang kurang benar atau kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih di sempurnakan.
15 menit

H.   Sumber dan Media
- Benda-benda di lingkungan kelas dan di sekolah.
Kekurangan            :
1) Tidak semua benda di satu sekolah dengan yang lainnya sama
Kelebihan               :
1) Siswa dapat menggunakan benda-benda yang nyata dan tidak asing bagi keseharian mereka
2) Siswa tidak perlu membawa lagi perlengkapan praktek
- Buku Panduan Siswa
Kekurangan            :
1. Tidak semua siswa dapat membeli buku panduan
2. terkadang isi buku terlalu monoton
Kelebihan               :
1. Siswa mendapat kemudahan untuk mengetahui materi yang akan dibahas
2. Siswa dan guru mendapat panduan dalam apa yang akan di ajarkan

  I.   Penilaian
Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan, dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

1. Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka.
No
Nama
Skor
Ket
1



2




Keterangan Skor :
 0 – 30  = Kurang Sekali
31 – 50 = Kurang
51 – 70 = Cukup
71 – 90 = Baik

2. Daftar Periksa IPA.
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarikdan didorong


Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas



3. Daftar Periksa Bahasa Indonesia.
Kriteria
Ya
Tidak
Dalam cerita yang dibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih


Dalam cerita yang dibuat sudah memuat cara bagaimana aku menggerakkan benda-benda yang aku pilih


Dalam cerita yang dibuat sudah memuat jenis gaya yang aku berikan pada benda-benda yang aku pilih



4. Daftar Periksa SBdP
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan syair


Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah nada


Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan gerak tangan dan badan



5. Penilaian sikap (rasa ingin tahu,tekun dan teliti, cinta tanah air).
       Contoh catatan pengamatan sikap dan keterampilan


 








           

            Catatan pengamatan sikap dan keterampilan
            (Catat sikap dan keterampilan yang menjadi fokus )


 






Catatan:
1.    Guru dapat menggunakan kata-kata berikut untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
·         Belum terlihat
·         Mulai terlihat
·         Mulai berkembang
·         Sudah terlihat/membudaya
2.      Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah
siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket
1
Rasa Ingin Tahu





2
Teliti





3
Tekun





4
Cinta Tanah Air






Keterangan Skor
1 = Belum Terlihat
2 = Mulai Terlihat
3 = Mulai Berkembang
4 = Membudaya

Skor Maksimal = 16
Nilai = skor perolehan x 100
            Skor maksimal

Pengayaan
Siswa mengamati berbagai gerak yang terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar gerak benda disebabkan oleh mahluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh benda yang lain, (misalnya, angin).

Mengetahui
Guru Kelas IV


Yuli Setyaningrum
NIP 2314 567 7890
 
Kepala Sekolah


Muhammad Yusuf.B.A
NIP 1234 567 7890

 
 



0 komentar:

Posting Komentar