Subscribe:

Kamis, 01 Mei 2014

Strategi Belajar Mengajar (Catkul)



Belajar dan Mengajar
Profesi Guru => sebelum mulai mengajar seorang guru harus belajar terlebih dahulu.
# mengajar => proses transfer ilmu kepada orang lain
Agar mengerti dan memahami dan mengaplikasikannya
- ada perubahan yang terjadi
- Afektif /sikap
- psikomotorik/ terampil
- kognitif / akademik
# strategi : taktik, siasat atau cara. Agar terterik dalam belajar di kelas.
Suatu cara yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar :
-          Suatu taktik
-          Strategi
-          Akal
Seorang guru harus belajar terlebih dahulu sebelum mengajar
Semua hasil itu melalui proses, baik rumit atau mudah
Semua masalah yang terjadi pada saat bekerja dianggap sesuatu yang indah.
Belajar adalah proses dari tidak tau menjadi tau
Mengajar adalah suatu penyampaian pesan berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan dari guru ke peserta didik
Mengajar harus disertai dengan membimbing dan melatih
Membimbing : orang yang bermasalah, kesulitan dalam suatu hal
Melatih : kesulitan dalam hal belajar dapat diberi latihan agar kesulitannya bisa teratasi
Mengajar itu dipandang sebagai :
1) suatu ilmu : guru menggunakan prosedur , metode di dalam mengajar
- prosedur : tata cara dalam mengajat berdasarkan kurikulum, RPP yang tepat
- metode : pemilihan metode harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan

2) sebagai teknologi : guru mampu menggunakan/ menciptakan suatu karya yang dapat diuji secara empiris
3) sebagai suatu seni :
=> belajar itu selalu mengalami perkembangan dan jenisnya bermacam-macam sesuai dengan kuota siswanya
4) sebagai suatu pilihan nilai
5) sebagai suatu keterampilan/ proses menggunakan keterampilan secara terpadu

pencipta system lingkungan yang memungkinkan terjadi proses belajar
 
Guru menggunakan perangkat pembelajaran (RPP)
 
Raka Joni (mengajar) =>                                                 =>




# yang perlu diperhatikan “ karakteristik”
# kesiapan/ potensi guru dapat diperlihatkan
# peserta didik hadir di dalam kelas sebagai warga belajar

# Davis ( mengajar ) : suatu aktivitas professional yang memerlukan keterampilan dalam mengambil keputusan
# Peran Guru :
ð  Observasi / mengamati peserta didik
ð  Mendorong / memberi semangat
ð  Memfasilitasi
ð  Pertumbuhan / perkembangan anak
#  Penekanan pada bagian strategi/ bagaiman menggunakan cara mengajar agar dapat terjadi proses pembelajaran yang aktif dan menyenanglan
# Metode merupakan suatu cara yang ditempuh guru untuk mencapai situasi pembelajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi leancaran proses belajar & tercapainya prestasi anak yang memuaskan.

-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Pemberian Tugas
-          Diskusi
-          Kerja Kelompok
-          Demonstrasi
-          Eksperimen
-          Simulasi
-          Inquery ( penemuan )
-          Dll
1.      menciptakan suasana yang aktif : memilih metode yang tepat dan sesuai dengan materinya
2.      keterampilan mengajar :
-          menjelaskan
-          bertanya
-          menggunakan variasi
-          memberi penguatan
-          membuka dan menutup pelajaran
-          mengajar kelompok dan individu
-          mengelola kelas
-          membimbing diskusi
# Apersepsi : menjelaskan sesuatu yang masih berkaitan dengan materi yang akan dipelajari dan yang dijelaskan itu sudah diketahui / dipelajari anak sebelumnya.
# Cara Mengajar :
1.      Membuka Pelajaran
2.      Berdoa
3.      Apersepsi
4.      Motivasi ( keinginan kedepannya )
5.      Menyimpulan materi yang dibahas oleh murid dan guru
6.      Pemberian evaluasi
# Teknik Menjelaskan :
-          Menggunakan tutur kata sesuai intonasi
-          Menggunakan pemilihan kata yang tepat
-          Penggunaan ekspresi dan gaya sendiri
# Teknik Bertanya :
-          Kurangi pertanyaan yan seperti jawaban ya atau tidak
-          Kalau bisa siswa bisa belajar berspekulasi/ alas an
# Memberi Penguatan
# Pengelolaan Kelas : mengatur kelas agar kondoso menyenangkan untuk belajar
# Kurikulum : alat mencapai kebutuhan pembelajaran
-          Segala usaha yang dilakukan untuk membantu siswa diluar/dalam kelas
-          Mengembangkan strategi belajar
-          Keunggulan :
Analisis
Pengembangan mata pelajaran
silabus
-          Keterbatasan :
Cakupan banyak waktu untuk sesuai kompetensi
Biaya besar ? waktu yang banyak ? tenaga yang besar ?
-          Pengembangan kurikulum
-          Keterampilan kerja

0 komentar:

Posting Komentar