Pendidikan => usaha sadar dalam memanusiakan manusia/
mendewasakan manusia
Mengajar => hanya sekedar menyampiakan ilmu tanpa harus
mengerti atau tidak
Mendidik => lebih spesifik/ sebuah tuntutan lebih
Hasil belajar => proses dari tidak tahu menjadi tahu
Belajar => usaha sadar dalam proses perubahan tingkah
laku
# Tingkah Laku dalam belajar ( Benjamin Bloom ) ada 3 ranah
:
1. Kognitif =>
nalar/pikiran
2. Afektif => sikap/perasaan/emosi
3. Psikomotorik => keterampilan
- evaluasi => menentukan baik dan buruk
- berhubungan dengan perkembangan peserta didik
Psiko => jiwa
Motorik => gerak
Teori eksistensi tetntang manusia :
1) manusia memiliki kesadaran diri (berbeda dengan makhluk
yang lain )
- tumbuhan/ vegetative
- Hewan ; berkembang biak; kasih sayang
- manusia ; akal; pikiran; nalar
Manusia berasal dari kera “ teori evolusi “ Charles Darwin
“Teori Emosi “ => emosi bisa melestarikan kehidupan
spesies
2) ber “eksis” / berada / mengada
# motto KIHAJAR :
Ing ngarso sung tulodo = di depan sebagai teladan
Ing Madyo mangunkarso = di tengah membangun karya
Tut wuri handayani = dari belakang mengikuti
BUPAIKEM = pengajaran aktif inovasi kreatif efektif dan
menyenangkan
Efektif : sesuai dengan target hasilnya
Efisien : hemat
Instrofer ; pemalu, pendiam/ mudah tersinggung
Ekstrofer : terbuka, supel
1) hati suci, nurani dan kata hati
2) moral : berprilaku yang baik dan benar
3) tanggung jawab : berani menanggung resiko dari setiap
perbuatan
4) kewajiban dan hak
5) merdeka dan kebebasan
6) memiliki rasa kebahagiaan
# Kebahagiaan itu didasari oleh sebuah proses :
-Dimensi Manusia :
1) keindividualan : setiap manusia itu berbeda-beda, jangan
ada perbandingan antar murid/siswa
2) Dimensi Sosial (Masyarakat)
3) kesusilaan : etika;moral
4) keagamaan : memiliki keyakinan
# tujuan pendidikan nasional :
MIS (manusia Indonesia seutuhnya) yang berjiwa pancasila
0 komentar:
Posting Komentar