Deskripsi
RPP
a. Satuan
Pendidikan : SD 009 Balikpapan
Barat
b. Tema/Subtema : Selalu Berhemat Energi/Pemanfaatan
Energi
c. Kelas/Semester : IV/1
d. Materi
Pokok : Hemat Energi
e. Jumlah
Pertemuan : 1
Guru : (guru memasuki kelas)
Guru : (guru mengucapkan salam) Assalamualaikum
anak-anak. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kalian semua
Siswa 1: (siswa menjawab salam guru) Waalaikumsalam
Siswa 2: (siswa menjawab salam) Pagi bu guru
Guru : (guru menanyakan kabar siswa)
Baiklah apa kabarnya hari ini anak-anak?
Siswa : Baik ibu guru
Guru : Baiklah, sebelum kita memulai pelajaran hari ini, kita berdoa
dulu yah. Ketua kelas silahkan
memimpin doa.
Siswa : (ketua kelas memimpin doa)
teman-teman sebelum kita belajar, mari kita berdoa menurut agama masing-masing.
Berdoa dimulai…..berdoa selesai
Guru : (guru memeriksa kehadiran
siswa) siapa yang hari ini tidak hadir ?
Siswa 1: Amin bu
Guru : Kenapa Amin tidak hadir?
Siswa : Sakit flu bu.
Guru : Nah, jadi anak-anak harus jaga kesehatan yah. Jangan sampai sakit
yah. Suratnya ada atau tidak?
Siswa : Ada bu di atas meja
Guru : Ada lagi yang tidak
hadir?
Siswa : Siska bu.
Guru : Kenapa Siska tidak hadir
anak-anak?
Siswa : Katanya ada keluarganya
yang meninggal bu
Guru : Innaliallahi wa
innailaihi rojiun. Kita doakan ya anak-anak agar keluargnya Siska bisa diterima
di sisi-Nya. Amin
Siswa : Amin
Guru : Baik. Sekarang sebelum
kita belajar ibu mau duduknya dirapikan dulu dan posisinya duduk harus benar.
(guru berkeliling membantu siswa
memmbetulkan posisi duduk dan meja)
Siswa : Iyah bu guru (siswa
merapikan tempat duduk dan memperbaiki posisi duduknya)
Guru : Baik. Sekarang ibu mau
bertanya, masih ingat kemarin kita belajar apa saja?
Siswa : Lupa bu,
Guru : Jadi kemarin kita belajar
mengenai macam-macam energi. Ada yang masih ingat apa saja bentuk energi itu?
Yang bisa coba angkat tangannya.
Siswa : (Siswa mengangkat tangan)
Siswa 1: Energi panas bu
Siswa : (siswa mengangkat tangan)
Siswa 2: Energi matahari bu
Siswa : (siswa mengangkat tangan)
Siswa 3: Angin bu guru
Guru : Yah. Betul sekali. Ayo beri
tepuk tangan untuk teman-temannya yang berani menjawab pertanyaan ibu.
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Jadi hari ini kita akan
belajar yang masih berkaitan dengan pelajaran kita kemarin. Untuk temanya
tentang selalu berhemat energi. Subtemanya adalah Pemanfaatan energi.
Guru : (membuka buku pegangan
guru) Sekarang coba dibuka bukunya halaman 36. Kali ini kita akan mengamati gambar yang ada
di buku secara berpasangan yah.
Siswa : Iyah bu (siswa
mengeluarkan buku dan membuka buku halaman 36)
Guru : (guru meminta salah satu
siswa untuk membaca ilustrasi di buku sebelum memulai pelajaran) Coba, siapa
yang bisa membacakan ilustrasi di buku?
Siswa 1: Saya bu (siswa mengangkat tangan)
Guru : Baik, Budi silahkan dibaca
teksnya
Siswa
1: (siswa membaca teks di buku) “Kita
dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk
hidup saat melakukan kegiatan. Nah, sekarang amati gambar di bawah ini dan
diskusikanlah dengan teman sebangkumu tentang kegiatan–kegiatan dan sumber
energi yang dapat terlihat dari gambar itu.”
Guru : Terimakasih untuk Budi
yang sudah membacakan teks. Beri tepuk tangan untuk Budi.(guru menepuk pundak
siswa sebagai apresiasi)
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Sekarang kita kembali ke buku,
di halaman tersebut ada sebuah gambar. Di gambar tersebut ada apa saja yang
kalian lihat?
Siswa : Ada yang bermain layangan
bu
Siswa : Berenang bu
Guru : Yah. Betul Sekali. Kemudian
kira-kira terdapat energi apa saja yang ada di gambar tersebut.
Siswa : Matahari bu
Siswa : Angin
Guru : Benar sekali. Sekarang
ibu minta kalian untuk mengamati gambar bersama dengan teman di sebelah kalian
dan mendiskusikannya bersama. Mengerti?
Siswa : (siswa mengamati gambar di buku dan berdiskusi dengan teman di
sebelahnya) Iya bu.
Guru : (guru berkeliling
memantau kerja siswa)
Guru : Sekarang setelah
mengamati gambar, tuliskan hasil pengamatan kalian di buku yah.
Siswa : Iyah bu. (siswa menuliskan
hasil pengamatan di buku)
Guru : Sudah selesai anak-anak?
Siswa : Belum bu guru
Guru : Baik, ibu beri waktu
tambahan yah
Siswa : Iyah bu guru
Guru : (guru berkeliling memantau pekerjaan siswa)
Siswa : Sudah bu.
Guru : Sekarang siapa yang bisa
menjelaskan hasil pengamatannya tadi di depan kelas? Ayo Budi. Mau maju ke
depan kelas.
Siswa : (siswa saling menunjuk
temannya)
Guru : Ayo. Jangan
tunjuk-tunjukkan yah. Yang berani langsung ke depan
Siswa 1: Saya bu(siswa mengangkat tangan)
Guru : Silahkan maju Ani.
Siswa1 : (siswa maju ke depan kelas
sambil membawa hasil pengamatan gambar yang ada di buku).
Guru : (guru mempersilahkan
siswa untuk membacakan hasil pengamatnnya) Silahkan dibaca.
Siswa : (siswa membacakan hasil
pengamatnnya)
Guru : Bagus. beri tepuk tangan
untuk Ani anak-anak.
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Siapa lagi yang mau
membacakan hasil pengamatannya?
Siswa 2: Saya bu
Guru : (guru mempersilahkan
siswa untuk maju ke depan kelas) Ayo. Andi silahkan maju.
Siswa 2: (siswa maju ke depan kelas dengan membawa hasil pengamatannya)
Guru : (guru mempersilahkan
siswa untuk membacakan hasil pengamatnnya)
Siswa2 : (siswa membacakan hasil
pengamatnnya)
Guru : Sekarang, ibu mau
bertanya. Energi itu bisa berubah atau tidak anak-anak?
Siswa : Bisa bu.
Guru : Nah, seperti yang kita
ketahui bahwa energi merupakan apa anak-anak?
Siswa : Kemampuan suatu benda
untuk melakukan usaha atau kerja.
Guru : Yah benar. Ayo beri tepuk
tangan untuk temannya.
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : (guru membuka halaman
selanjutnya) Coba buka bukunya halaman 37.
Siswa : (siswa membuka halaman
selanjutnya)
Guru : Sekarang kita lihat tabel yang ada di halaman 37. Ada beberapa
kegiatan-kegiatan yang kita lakukan
dalam kehidupan sehari-hari. Perintahnya, tuliskan energi yang digunakan dan
perubahan energinya. Mengerti?
Siswa : Iya bu
Guru : (guru berkeliling kelas
memeriksa pekerjaan siswa)
Siswa : (siswa mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru)
10 menit kemudian
Guru : Sudah selesai semua
anak-anak?
Siswa : Sudah bu.
Guru : Sekarang ibu mau periksa
yah. Sambil ibu memeriksa hasil kalian. Ibu akan memperlihatkan video tentang
perubahan energi yang ada di kehidupan sehari-hari yah.coba diperhatikan. (guru
mempersiapkan media video dan mengkondisikan siswa)
Siswa : (siswa mengkondisikan
posisi duduknya untuk menonton video)
Guru : (guru memperhatikan siswa
saat menonton video)
Guru : Baik, tadi kita sudah
menonton yah beberapa bentuk perubahan energi. Ada yang bisa menyebutkan
perubahan apa saja?
Siswa : Energi listrik ke panas bu
Guru : Betul. Ada lagi tidak?
Siswa : Energi Matahari ke listrik
bu
Guru : Jawabannya benar sekali.
Beri tepuk tangan untuk teman-temannya yang sudah menjawab.
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Jadi banyak sekali
perubahan energi yang ada di kehidupan sehari-hari. Sekarang kalian berkumpul
sesuai kelompok yang sudah ditentukan kemarin ya. Jangan lupa untuk
mengeluarkan peralatan untuk praktek yah.
Siswa : (siswa berkumpul sesuai
dengan kelompoknya dan mengeluarkan peralatan yang dibawa)
Guru : Siapa yang tidak lengkap
membawa peralatannya?
Siswa : Rahmat bu.
Guru : Rahmat kenapa tidak
membawa?
Siswa : Ketinggalan di rumah bu
Guru : Yasudah. Lain kali
sebelum pergi ke sekolah harus diperiksa apa saja yang harus dibawa, jangan
sampai ketinggalan yah. Sekarang coba dibuka bukunya halaman 38.
Siswa : (siswa membuka buku
halaman 38)
Guru : Sekarang kita akan
melakukan percobaan perubahan energi sederhana.
Siswa : (siswa menyiapkan
peralatan yang di butuhkan)
Guru : Kita melakukan percobaan,
ibu mau periksa peralatannya dulu. Sudah dibawa benangnya?
Siswa : Sudah
Guru : Kalau lilinya?
Siswa : Iyah bu
Guru : (guru menjelaskan langkah
kegiatan percobaan) Sebelum Baik, sekarang ibu akan membacakan langkah-langkah
kegiatannya. Disimak baik-baik yah.
Siswa : Iyah bu.
Guru : Pertama, ambil selembar
kertas dan gambarlah seperti contoh ini. (guru memperagakan gambar yang harus
dibuat oleh siswa)
Siswa : (siswa mengikuti arahan
guru dan mulai menggambar pola di kertas)
Guru : Sudah anak-anak?
Siswa : Sudah bu
Guru : Sekarang gunting
mengikuti garis sehingga menyerupai spiral.(guru kembali mencontohkan kepada
siswa)
Siswa : (siswa mengikuti arahan
dari guru untuk mengunting sesuai pola)
Guru : Selanjutnya lubangi salah
satu dari ujung kertas yang sudah kita gunting tadi ya anak-anak. (guru
memperagakan cara melubangi kertas menggunakan gunting)
Siswa : (siswa mengikuti arahan
guru untuk melubangi kertas menggunakan gunting)
Guru : Setelah kita melubangi
kertasnya ikat dengan benang panjang sekitar 50 cm. kita ukur dulu benangnya
yah menggunakan penggaris.
Siswa : Iya bu. (siswa mengukur
panjang benang kemudian mengguntingnya. Setelah itu diikatkan di lubang yang
sudah dibuat)
Guru : Sudah atau belum
anak-anak?
Siswa : Sulit bu masuki benangnya.
Guru : (guru membantu siswa yang kesulitan dalam mengikat benang)
Untuk memasukan benang ke dalam lubang harus sabar yah anak-anak.
Siswa : Iyah bu.
Guru : Sudah diikat semua
anak-anak?
Siswa : Sudah ibu guru
Guru : Baik. Selanjutnya keluarkan pensil kalian kemudia ikatkan ujung
benang yang lain ke pensil. (guru memperagakan cara mengikat benaang di pensil)
Siswa : (siswa mencoba untuk
mengikat benang di ujung pensil)
Guru : Terakhir, nyalakan
lilinnya menggunakan korek yah. Ingat harus berhati-hati jangan sampai kena
apinya. Setelah itu letakkan kertas spiral di atas api dan diputar-putar yah.
Usahakan jarak antara api dan kertas tidak dekat agar tidak terbakar.(guru
memperagakan cara memutar kertas spiral)
Siswa : (siswa mulai menyalakan
api dan mencoba memutar kertas spiral di atas api lilin)
Guru : (guru bisa berkeliling
sambil memperhatikan siswa yang melakukan percobaan). Jangan lupa untuk
bergantian yah mencobanya. Jangan rebutan dengan teman yang lainnya yah.
Siswa : (siswa secara bergantian
melakukan percobaan)
Siswa 1: Ibu, Tantri tidak mau bergantian
Guru : Ayo Tantri, tidak boleh
begitu. Menggunakannya harus bergantian yah.
Siswa : Iyah bu
Guru : Semuanya sudah mencoba?
Siswa : Belum bu
Guru : Ayo, ibu beri waktu yah 5
menit lagi untuk mencoba. (guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa sambil
membantu siswa yang masih kesulitan)
Siswa : (siswa secara bergantian
mencoba)
Guru : Coba kalian mendekatkan
dan menjauhkan kertas spiralnya yah.
Siswa : Seperti ini kah bu?
Guru : Iyah. Betul sekali. Yang
lain coba diikuti yah cara Siska untuk mendekatkan dan menjauhkan kertas spiral
dari api lilin.
Siswa : (siswa melakukan perintah
dari guru)
Guru : Bagaimana anak-anak? Sudah
semua melakukannya?
Siswa : Sudah bu
Guru : Sekarang semuanya kembali
ke tempat duduknya masing-masing yah dan jangan lupa peralatannya harus
dibereskan. Apinya dimatikan ya.
Siswa : (siswa mulai membereskan
peralatan percobaan bersama-sama)
Guru : Temannya dibantu untuk
membereskan peralatannnya yah.
Siswa : Iyah bu
Guru : Baik. Sekarang coba
dilihat kembali bukunya yah anak-anak.
Siswa : (siswa membuka kembali
bukunya)
Guru : Tadi kita sudah melakukan
percobaan mengenai perubahan energi. Sekarang ibu minta kalian menjawab
pertanyaan yang ada di buku. Pertanyaannya apa yang terjadi jika kertas spiral
ditempatkan di atas api lilin? Mengerti anak-anak?
Siswa : Mengerti ibu guru. (siswa
mulai menjawab pertanyaan yang ada di buku)
Guru : (guru berkeliling kelas
untuk memeriksa pekerjaan siswa sembari membantu siswa yang mengalami kesulitan
dalam mengerjakan)
Siswa : Ibu, saya masih kurang
mengerti bu!
Guru : Yang mana Lisa?
Siswa : Yang ini bu. (sembari
menunjuk yang kurang dipahami)
Guru : (guru mencoba membantu
memecahkan masalahnya) Bagaimana Lisa? Sudah mengerti dengan penjelasan ibu?
Siswa : Sudah mengerti bu. Terima
kasih
Guru : Anak-anak. Bagi yang
masih kurang paham bisa langsung bertanya ke ibu yah.
Siswa : Iyah ibu guru.
Guru : Sekarang waktunya kita
istirahat yah anak-anak. Jangan berebutan yah keluarnya.
Siswa : Iya bu guru
15 Menit kemudian
Guru : (guru mengkondisikan
siswa untuk memasuki kelas) Ayo anak-anak. Semuanya masuk ke kelas yah.
Siswa : (siswa memasuki kelas)
Guru : Langsung duduk dibangkunya
masing-masing yah
Siswa : Iyah bu guru. (siswa duduk
ke bangkunya masing-masing)
Guru : Tadi apa saja yang kalian
lakukan saat istirahat?
Siswa 1: Makan bu
Siswa 2: Bermain bola bu
Guru : Baik. Sekarang waktunya
kita belajar lagi yah. (guru membuka buku halaman 38)
Siswa : Iya bu guru
Guru : Sekarang coba kalian buka
bukunya halaman 38
Siswa : (siswa membuka buku
halaman 38)
Guru : Sekarang kita akan
belajar cara membuat laporan hasil dari percobaan yang sudah kita lakukan tadi.
Siswa : Iyah bu
Guru : Coba dilihat di halaman
39. Di buku sudah ada lampiran untuk hasil percobaan. Coba kalian isi yah.
Dalam penulisannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Contohnya dalam
penulisan kata, tanda bacanya juga
Siswa : (siswa mulai membuat laporan
hasil pengamatan)
Guru : Jangan lupa dalam menulis
sebuah kalimat harus mengandung subjek dan predikat. Ada yang masih belum
mengerti?
Siswa : Sudah bu.
Guru : Baik. Sekarang ibu ingin
bertanya. Dari percobaan yang telah kita lakukan tadi, apa saja yang dapat kita
pelajari anak-anak?
Siswa : Banyak bu
Guru : Coba disebutkan salah
satunya
Siswa : Tadi berhasil melakukan
percobaan bu
Guru : Yah. Benar sekali. Jadi
dalam melakukan percobaan kadang berhasil, kadang gagal. Bagaimana perasaan
kalian saat melakukan percobaan tadi?
Siswa : Senang bu
Guru : Sekarang, coba kalian
tuliskan perasaan kalian dibuku mengenai hasil percobaan yang kita lakukan
tadi.
Siswa : Baik bu guru.
Guru : Nah, jadi kita tadi telah
melakukan percobaan tentang perubahan energi. Semua tahu atau tidak bahwa
energi itu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita?
Siswa : Iyah bu
Guru : Nah. Sekarang ibu minta
kalian untuk berdiskusi secara berpasangan tentang penggunaan energi di rumah
kalian masing-masing secara hemat dan aman. Mengerti anak-anak?
Siswa : Iyah bu guru
Guru : Tuliskan hasil diskusi
kalian di buku yah
Siswa : Iyah bu guru
Guru : Sekarang kita akan
mendiskusikan hasil dari dikusi kalian semua. Siapa yang mau membacakan
hasilnya terlebih dahulu?
Siswa : (siswa mengacungkan
tangan) Saya bu
Guru : Ayo Lita. Coba kamu
bacakan hasil diskusi kamu dengan Mawar
Siswa : Menurut kami, cara
menggunakan yang baik contohnya saat menonton tv, jika sudah tidak ada yang
menonton harus dimatikan.
Guru : Bagus sekali jawaban dari
Lita dan Mawar. Beri tepuk tangan untuk Lita dan Mawar
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Selain itu siapa lagi
yang punya pendapat lain?
Siswa : (siswa mengacungkan
tangan) Saya bu
Guru : Ayo Beni coba dibacakan
hasil diskusi kamu dengan Rudi
Siswa : kita harus mematikan lampu
ketika sudah tidak digunakan lagi. Terutama saat pagi dan siang karena sudah
ada matahari bu
Guru : Benar sekali anak-anak.
Ayo beri tepuk tangan untuk Beni dan Rudi
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Tadi ibu sudah menugaskan
kalian untuk berdiskusi tentang penggunaan energi di rumah secara hemat dan
aman. Sekarang coba di buka bukunya halaman 40 yah.
Siswa : (siswa membuka buku
halaman 40)
Guru : Sekarang kita amati
gambar yang ada di halaman 40. Di gambar ini banyak sekali penggunaan energi
dalam sebuah rumah. Jadi tugas kalian adalah menandai mana-mana saja penggunaan
energi yang termasuk aman dan hemat dan juga sebaliknya. Untuk penggunaan yang
sudah benar diberi tanda centang (V) sedangkan untuk penggunaan energi yang boros
diberi tanda silang (x). Mengerti anak-anak?
Siswa : Mengerjakannya dimana bu?
Guru : Dikerjakannya langsung di
buku saja. Ibu beri waktu 15 menit untuk mengerjakannya. Jika ada yang ingin
ditanyakan, acungkan tangan kalian yah.
Siswa : Iyah bu
Guru : Sekarang ibu ingin
bertanya, siapa yang tahu cara menggunaan alat-alat listrik dengan aman?
Acungkan tangannya tinggi-tinggi.
Siswa : Saya bu
Guru : Ayo Lita. Sebutkan cara
menggunakan alat-alat listrik dengan aman?
Siswa : Tangannya tidak boleh
basah bu kata mama saya
Guru : Benar sekali. Ayo beri
tepuk tangannya dulu
Siswa : (siswa bertepuk tangan)
Guru : Jadi banyak sekali
cara-cara yang benar dalam menggunakan alat-alat listrik. Sekarang coba kalian
tuliskan hasil diskusi kita tentang cara menghemat energi di dalam buku halaman
40.
Siswa : Baik bu guru
Guru : Nah. Anak-anak, hari ini
kita sudah belajar apa saja. Coba kita simpulkan bersama-sama.
Siswa : Tentang perubahan energi
bu
Siswa : Tentang menulis laporan bu
Siswa : Tentang cara berhemat
listrik
Siswa : Tentang cara menggunakan
alat-alat listrik dengan aman
Guru : Ya.Bagus sekali jawaban
kalian semua. Jadi harapan ibu kalian bisa mengaplikasikan apa yang kita
pelajari hari ini di rumah yah
Siswa : Iya bu guru
Guru : Sebelum kita mengakhiri pelajaran hari ini. Ibu ingin
memberikan tugas kepada kalian untuk dikerjalan di rumah. Kalian bisa meminta
bantuan orang tua kalian untuk mengerjakannya. Mengerti?
Siswa : Mengerti ibu guru
Guru : Jadi tugas kali ini
adalah melengkapi tabel yang ada di buku halaman 41. Isi tabel ini adalah
tentang aturan hemat energi di rumah. Tugas ini ibu beri waktu selama 1 minggu.
Kalian centang kegiatan mana yang kalian lakukan di rumah dalam rangka penghematan
energi. Semua sudah paham?
Siswa : Sudah bu
Guru : Baik, sebelum kita pulang
kita berdoa dulu yah. Untuk ketua kelasnya pimpin doa dulu.
Siswa : Teman-teman sebelum kita
pulang mari berdoa sesuai agama kita masing-masing. Berdoa dimulai…….selesai
Guru : Jangan lupa yah dengan
tugas yang sudah ibu berikan. Ibu akhiri pelajaran hari ini. Assalamualaikum
dan selamat siang
Siswa : Waalaikumsalam
Siswa : Selamat siang juga bu
0 komentar:
Posting Komentar