Subscribe:

Senin, 16 Desember 2013

RPP Seni Menggambar



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

I.       Nama Sekolah                                   : SD Hidayahtullah
1.      Mata Pelajaran                              : SBK/Seni Rupa/Menggambar
2.      Materi/Kegiatan Pembelajaran      : Menggambar Hewan
3.      Tema/Sub Tema                            : Hewan/Gajah
4.      Kelas/Semester                              : 5/1 (satu)
5.      Pertemuan                                     : ke 2
6.      Alokasi Waktu                              : 2 x 30 Menit
II.    Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar
1.      Standar Kompetensi
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.      Kompetensi Dasar
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema  hewan dan kehidupannya berupa benjolan dan bulatan
III.  Indikator
1.      Mampu menggambar hewan gajah dengan benjolan dan bulatan
2.      Mampu mewarnai gambar dengan berbagai macam warna sesuai dengan kemampuan
IV.  Tujuan Pembelajaran
1.      Mengembangkan Kreativitas
2.      Melatih keterampilan anak
3.      Melatih motorik halus dan kesabaran anak
4.      Melatih kepekaan indrawi rasa estetika dan rasa artistika
5.      Menanamkan ketertiban dan kedisiplinan
6.      Menanamkan rasa percaya diri
V.  Materi Pembelajaran
1.      Mendengarkan dan menyimak kisah Jumbo Si Gajah
2.      Menggambar hewan Gajah dengan latar lingkungannya
VI. Metode/Pengalaman Pembelajaran
1.      Mendengarkan dan menyimak kisah Jumbo Si Gajah
2.      Dialog dengan anak
3.      Pemberian tugas/demonstrasi
VII. Alat dan Sumber Belajar
1.      Buku gambar A3/A4
2.      Crayon
3.      White Board/Spidol
4.      Kurikulum/Silabus
5.      Kreasi sendiri
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal/klasikal (10 menit)
1. Cerita
Anak-anak sekarang pelajaran kita adalah menggambar. Sebelum mulai menggambar ibu akan menceritakan satu buah cerita dulu… Guru menceritakn cerita “Jumbo Si Gajah” dan anak-anak menyimak :
JUMBO  Si Gajah
Pada suatu masa, hiduplah seekor gajah bernama Jumbo. Dia tinggal di sebuah kebun binatang bersama ibunya. Jumbo adalah seekor gajah yang bertubuh besar. Dia memiliki sebuah belalai yang panjang serta telinga yang sangat lebar. Selain itu Jumbo mempunyai 2 buah gading yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan gading milik ibu Jumbo. Jumbo sangat suka bermain bersama teman-temannya. Dia paling suka bermain bola dan juga bermain air di kolam yang besar. Dia menendang bola yang kecil dengan kakinya yang besar. Jumbo sangat senang.

Setelah menceritakan sebuah cerita, guru melakukan dialog dengan anak-anak tentang cerita yang baru saja diceritakan tadi.
2. Dialog/Percakapan
Guru      : Anak –anak,yang baru ibu gur ceritakan tentang apa?
Anak      : Jumbo si gajah bu guru!
Guru      : Bagaimana ukuran gajah anak-anak?
Anak      : Besar bu guru..
Guru      : Lalu gajah punya apa lagi anak-anak?
Anak      : Belalai bu.
Guru      : Bagaimana ukuran belalai anak-anak?
Anak      : Panjang bu..
Guru      : Apa fungsi belalai bagi gajah anak-anak?
Anak      : Untuk makan bu…minum juga…
Guru      : Selain itu apa lagi yang  gajah punya anak-anka?
Anak      : telinga bu…yang besar ukurannya
Guru      : Selain itu apa lagi anak-anak?
Anak      : Ada kaki bu..
Guru      : Berapa jumlah kakinya anak-anak?
Anak      : 4 bu guru….
Guru      : Apa fungi kaki gajah anak-anak?
Anak      : Untuk bermain bola bu…berenang
Guru      : Ya,semuanya benar anak-anak. Nah sekarang anak –anak sudah tahukan apa saja yang   ada pada gajah?
Anak      : Sudah bu guru..ada telinga..belalai…kaki…
Guru      : Sekarang bu guru minta kalian untuk menggambar gajah, seperti yang kita ceritakan tadi,bisa kan?
Anak      : Bisa bu guru
Anak      : Tapi sebelum kalian menggambar ibu guru mau memberikan cara bagaiman menggambar gajah. Lihat caranya.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
3. Pemberian tugas/Demonstrasi
Sementara memberikan tugas guru memberikan contoh dipapan tulis tentang gambar gajah seperti yang disebutkan oleh pikiran anak. Contoh sebaiknya minimal tiga yang berbeda. Di sini masih ada lagi percakapan yang sifatnya mengingatkan anak. Bagaimana langkah-langkah menggambarnya.

Guru                                                                      : Tadi kita sudah berbicara tentang bentuk gambar  gajah ya’ kan?
Anak      : Iya bu guru…
Guru      : Guru memberikan contoh gambar gajah yang dimulai dari benjolan/bulatan kepala kemudian benjolan badan. Apa lagi yang belum  digambar?
Anak      : leher,belalai,buntut,kaki…
Guru      : Ya,leher, belalai yang panjang,buntut dan kaki yang besar.Apa yang belum anak-anak?
Anak      : mata.telinga bu guru…
Guru      : Itu sekarang gambar gajah sudah jadi. Itu tadi cara menggambarnya anak-anak. Bisakan? Cara menggarisnya pelan-pelan saja,tidak usah keburu-buru! Nah, sekarang kalian buat gambar beberapa gajah dengan bulatan besr dan kecil. Gambarnya tidak usah seprti gambar yang ibu contohkan. Gambarlah sebisanya,sejadi-jadinya. Berikan lingkungannya seperti pohon,rumput dan kolam. Tidak bagus bentuknya tidak apa-apa. Selesai menggambar berikan warna sesuai dengan warna kesukaanmu. Warnyanya tidak harus sesuai dengan warna aslinya juga boleh. Jangan menggunakan warna hitam dan putih yah.Jelas,ya?
Anak      : Kenapa tidak boleh warna hitam dan putih bu guru?
Guru      : Nanti,kalau pakai warna hitam atu putih bila kena gambar lain jadi kotor warnanya. Gunakan dengan wrna gelap lainnya seperti coklat,hijau tua atau lainnya.

4.Perbaikan/Pengayaan
Setelah guru memberikan tugas kepada anak-anak,guru berkeliling kelas melakukan perbaikan. Hal ini dilakukan secara individu dengan memberikan pengarahan dan menyarankan gambarmu yang kurang  besar ,kurang ke tengah,terlalu besar atau terlalau kecil,warnyanya kurang rata dan sebagainya.

C. Kegiatan Akhir/Penutup(10 menit)
Penilaian
a. Kognitif
b. Affektif
c. Psikomotorik
Visual
a. Kreativitas                             : keanekaragaman dalam menciptakan bentuk dan warna.
b. Komposisis: Keanekaragaman dalam menyusun bentuk dan warna
c. Orisinalitas: gamabar hasil ciptaan sendiri bukan mencontoh atau menjiplak
Skor/Rentang Nilai : 65-90
IX. Hasil Belajar
I. Gambar ekspresif anak tentang gajah dan beberapa warna

0 komentar:

Posting Komentar