Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
I.
Nama
Sekolah :
SD Hidayahtullah
1.
Mata Pelajaran : SBK/Seni Rupa/Menggambar
2.
Materi/Kegiatan Pembelajaran : Menggambar Hewan
3.
Tema/Sub Tema : Hewan/Gajah
4.
Kelas/Semester : 5/1 (satu)
5.
Pertemuan : ke 2
6.
Alokasi Waktu : 2 x 30 Menit
II.
Standar
Kompetensi/Kompetensi Dasar
1.
Standar Kompetensi
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
2.
Kompetensi Dasar
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan
tema hewan dan kehidupannya berupa
benjolan dan bulatan
III. Indikator
1.
Mampu
menggambar hewan gajah dengan benjolan dan bulatan
2.
Mampu
mewarnai gambar dengan berbagai macam warna sesuai dengan kemampuan
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Mengembangkan
Kreativitas
2.
Melatih keterampilan anak
3.
Melatih motorik halus dan kesabaran anak
4.
Melatih kepekaan indrawi rasa estetika
dan rasa artistika
5.
Menanamkan
ketertiban dan kedisiplinan
6.
Menanamkan
rasa percaya diri
V. Materi Pembelajaran
1. Mendengarkan dan menyimak kisah
Jumbo Si Gajah
2.
Menggambar
hewan Gajah dengan latar lingkungannya
VI. Metode/Pengalaman Pembelajaran
1. Mendengarkan dan menyimak kisah
Jumbo Si Gajah
2. Dialog dengan anak
3. Pemberian tugas/demonstrasi
VII. Alat dan
Sumber Belajar
1.
Buku
gambar A3/A4
2.
Crayon
3.
White
Board/Spidol
4.
Kurikulum/Silabus
5.
Kreasi
sendiri
VIII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal/klasikal (10
menit)
1.
Cerita
Anak-anak sekarang
pelajaran kita adalah menggambar. Sebelum mulai menggambar ibu akan
menceritakan satu buah cerita dulu… Guru menceritakn cerita “Jumbo Si Gajah”
dan anak-anak menyimak :
JUMBO Si Gajah
Pada suatu masa, hiduplah seekor gajah bernama Jumbo. Dia
tinggal di sebuah kebun binatang bersama ibunya. Jumbo adalah seekor gajah yang
bertubuh besar. Dia memiliki sebuah belalai yang panjang serta telinga yang
sangat lebar. Selain itu Jumbo mempunyai 2 buah gading yang tidak terlalu besar
jika dibandingkan dengan gading milik ibu Jumbo. Jumbo sangat suka bermain
bersama teman-temannya. Dia paling suka bermain bola dan juga bermain air di
kolam yang besar. Dia menendang bola yang kecil dengan kakinya yang besar.
Jumbo sangat senang.
Setelah menceritakan sebuah cerita, guru melakukan dialog
dengan anak-anak tentang cerita yang baru saja diceritakan tadi.
2. Dialog/Percakapan
Guru : Anak
–anak,yang baru ibu gur ceritakan tentang apa?
Anak : Jumbo si
gajah bu guru!
Guru : Bagaimana
ukuran gajah anak-anak?
Anak : Besar bu
guru..
Guru : Lalu gajah
punya apa lagi anak-anak?
Anak : Belalai bu.
Guru : Bagaimana
ukuran belalai anak-anak?
Anak : Panjang bu..
Guru : Apa fungsi
belalai bagi gajah anak-anak?
Anak : Untuk makan
bu…minum juga…
Guru : Selain itu
apa lagi yang gajah punya anak-anka?
Anak : telinga
bu…yang besar ukurannya
Guru : Selain itu
apa lagi anak-anak?
Anak : Ada kaki
bu..
Guru : Berapa
jumlah kakinya anak-anak?
Anak : 4 bu guru….
Guru : Apa fungi
kaki gajah anak-anak?
Anak : Untuk
bermain bola bu…berenang
Guru : Ya,semuanya benar anak-anak. Nah
sekarang anak –anak sudah tahukan apa saja yang ada pada gajah?
Anak : Sudah bu guru..ada
telinga..belalai…kaki…
Guru : Sekarang bu guru minta kalian untuk
menggambar gajah, seperti yang kita ceritakan tadi,bisa kan?
Anak : Bisa bu guru
Anak : Tapi sebelum kalian menggambar ibu guru
mau memberikan cara bagaiman menggambar gajah. Lihat caranya.
B. Kegiatan Inti (50 menit)
3. Pemberian tugas/Demonstrasi
Sementara memberikan tugas
guru memberikan contoh dipapan tulis tentang gambar gajah seperti yang
disebutkan oleh pikiran anak. Contoh sebaiknya minimal tiga yang berbeda. Di
sini masih ada lagi percakapan yang sifatnya mengingatkan anak. Bagaimana
langkah-langkah menggambarnya.
Guru :
Tadi kita sudah berbicara tentang bentuk gambar
gajah ya’ kan?
Anak :
Iya bu guru…
Guru : Guru
memberikan contoh gambar gajah yang dimulai dari benjolan/bulatan kepala
kemudian benjolan badan. Apa lagi yang belum
digambar?
Anak :
leher,belalai,buntut,kaki…
Guru : Ya,leher,
belalai yang panjang,buntut dan kaki yang besar.Apa yang belum anak-anak?
Anak : mata.telinga
bu guru…
Guru : Itu sekarang
gambar gajah sudah jadi. Itu tadi cara menggambarnya anak-anak. Bisakan? Cara
menggarisnya pelan-pelan saja,tidak usah keburu-buru! Nah, sekarang kalian buat
gambar beberapa gajah dengan bulatan besr dan kecil. Gambarnya tidak usah
seprti gambar yang ibu contohkan. Gambarlah sebisanya,sejadi-jadinya. Berikan
lingkungannya seperti pohon,rumput dan kolam. Tidak bagus bentuknya tidak
apa-apa. Selesai menggambar berikan warna sesuai dengan warna kesukaanmu.
Warnyanya tidak harus sesuai dengan warna aslinya juga boleh. Jangan
menggunakan warna hitam dan putih yah.Jelas,ya?
Anak : Kenapa tidak boleh warna hitam dan putih
bu guru?
Guru : Nanti,kalau pakai warna hitam atu putih
bila kena gambar lain jadi kotor warnanya. Gunakan dengan wrna gelap lainnya
seperti coklat,hijau tua atau lainnya.
4.Perbaikan/Pengayaan
Setelah guru memberikan
tugas kepada anak-anak,guru berkeliling kelas melakukan perbaikan. Hal ini
dilakukan secara individu dengan memberikan pengarahan dan menyarankan gambarmu
yang kurang besar ,kurang ke
tengah,terlalu besar atau terlalau kecil,warnyanya kurang rata dan sebagainya.
C. Kegiatan
Akhir/Penutup(10 menit)
Penilaian
a. Kognitif
b. Affektif
c. Psikomotorik
Visual
a. Kreativitas :
keanekaragaman dalam menciptakan bentuk dan warna.
b. Komposisis: Keanekaragaman dalam menyusun bentuk dan warna
c. Orisinalitas: gamabar hasil ciptaan sendiri bukan mencontoh atau
menjiplak
Skor/Rentang Nilai : 65-90
IX. Hasil Belajar
I. Gambar ekspresif anak tentang gajah dan beberapa warna
0 komentar:
Posting Komentar