RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(UNTUK SD)
1.
IDENTITAS
a. Satuan
Pendidikan : SD 009 Balikpapan
Barat
b. Tema/Subtema : Selalu Berhemat Energi/Gaya
dan Gerak
c. Kelas/Semester : IV/2
d. Materi
Pokok : Gaya dan Gerak
e. Jumlah
Pertemuan : 1
2.
KOMPETENSI
INTI
a. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
b. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
c. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya.
d. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
3.
KOMPETENSI
DASAR
3.1 KOMPETENSI
DASAR MAPEL BAHASA INDONESIA
a. Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 3.1)
b. Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indoensia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku. (KD 4.1)
c. Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memeproleh Ilmu
Pengetahuan (KD 1.1)
d. Memiliki
kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi
alternatif melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia. (KD 2.1)
3.2 KOMPETENSI
DASAR MAPEL MATEMATIKA
a. Menentukan
kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan
terkecil. (KD 3.1)
b. Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. (KD 4.1)
c. Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hasil pembelajaran KPK dan FPB. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan
rata-rata jumlah yang sama. (KD 2.3)
3.3 KOMPETENSI
DASAR MAPEL IPA
a. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan serta
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (KD 3.3)
b. Menyajikan
laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik. (KD 4.3)
c. Bertambahnya
keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkan dalam
pengalaman ajaran agama yang dianutnya. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka dan peduli lingkungan) daam
kativitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi . (KD 2.1 )
3.4 KOMPETENSI
DASARMAPEL SBDP
a. Membedakan
panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan. (KD 3.3)
b. Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KD 4.5)
c. Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni. (KD 2.1)
4.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR
4.1 INDIKATOR
PENCAPAIAN KD MAPEL BAHASA INDONESIA
a. Menceritakan
pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku.
b. Membuat
laporan hasil pengamatan tentang gaya dan gerak.
4.2 INDIKATOR
PENCAPAIAN KD MAPEL MATEMATIKA
a. Menjelaskan
konsep yang berhubungan dengan KPK
b. Memecahkan
persoalan mengenai KPK
4.3 INDIKATOR
PENCAPAIAN KD MAPEL IPA
a. Menjelaskan
tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.
b. Menghubungkan
gaya, gerak dan energi dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 INDIKATOR
PENCAPAIAN KD MAPEL SBDP
a. Menyanyikan
lagu sesuai dengan tinggi rendahnya nada.
b. Memperagakan
gerak tangan dan badan sesuai dengan lagu dan tinggi rendahnya nada.
5.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
a. Siswa
mampu menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan
kosakata baku. (Bahasa Indonesia)
b. Siswa
mampu membuat laporan hasil pengamatan tentang gaya dan gerak. (Bahasa
Indonesia)
c. Siswa
mampu menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK. (Matematika)
d. Siswa
mampu memecahkan masalah mengenai KPK. (Matematika)
e. Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.
(IPA)
f. Siswa
mampu menghubungkan gaya, gerak dan energi dengan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari. (IPA)
g. Siswa
mampu menyanyikan lagu sesuai dengan tinggi rendahnya nada.
h. Siswa
mampu memperagakan gerak tangna dan badan sesuai dengan lagu dan tinggi
rendahnya nada.
6.
MATERI
PEMBELAJARAN
6.1 MATERI
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
a. Menuliskan
pengalaman menggerakan benda-benda.
b. Membuat
daftar gerak benda di sekitarnya.
c. Membaca
ilustrasi tentang benda bergera di sekitar.
6.2 MATERI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
a. Memahami konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan
Terkecil (KPK).
b. Memecahkan
masalah cerita tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
6.3 MATERI
PEMBELAJARAN IPA
a. Pengertian/konsep
dari gaya dan gerak.
b. Menemukan
jenis-jenis gaya yang ada di kehidupan sehari-hari.
c. Mempraktekan
jenis-jenis gaya dan gerak.
d. Mendiskusikan
hasil dari berbagai percobaan yang dilakukan.
6.4 MATERI
PEMBELAJARAN SBDP
a. Menyanyikan
lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan syair dan tinggi rendah nada.
b. Menggerakkan
badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
7.
ALOKASI
WAKTU
a. Pembukaan : 10 Menit
b. Inti : 160 Menit
c. Penutup :
10 Menit
8.
METODE
PEMBELAJARAN
a. Strategi/Pendekatan
Pembelajaran : Scientific
b. Model
Pembelajaran :
Kooperatif Learning Tipe Discovery Learning
c. Metode
Pembelajaran : Ceramah,
Tanya Jawab, Diskusi dan Eksperimen.
9.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan
kegiatan rutin awal pelajaran ( Salam, Doa dan memeriksa kehadiran siswa)
2. Apersepsi
3. Motivasi
4. Menyampaikan
tema yangakan dibahas tentang “Selalu Berhemat Energi” dengan subtema Gaya
dan Gerak. Kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan indikator pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
1. Siswa
diberi kesempatan membaca ilustrasi tentang benda bergerak agar memperoleh
gambaran konkret tentang gaya dan gerak di sekitar kita.
2. Guru
mengajak siswa untuk membuka dan menutup pintu , medorongdan menarik meja,
serta meremas selembar kertas, seperti yang diilustrasikan di buku hal 71.
3. Siswa
menjawab pertanyaan di buku dan mendiskusikan hasil jawaban masing-masing
dengan teman sebangkunya.(Penilaian di lampiran 4)
4. Guru
member sisw untuk mengamati gambar yang berhubungan dengan gaya dan gerak
selama 5 menit.
5. Guru
meminta siswa memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bias
menjatuhkan, menggelindingkan atau mendorong benda tersebut.
6. Guru
menayangkan video tentang gerak benda.
7. Guru
member kesempatan kepada siswa untuk bereksporasi dan menuliskan hasilnya di
buku
8. Guru
dan siswa membuat kesimpulan tentang gaya dan gerak. (Penilaian di lampiran
4)
9. Guru
meminta siswa melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya
pada permainan ini.
10. Guru
menjelaskan tentang konsep dari Kelipatan persekutuan Terkecil (KPK).
11. Guru
meminta siswa mengerjakan soal yang ada pada buku halaman 73 dan saling
bertukar jawaban dengan teman sebangkunya. (Penilaian di lampiran 4)
12. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat bernyanyi
guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendahnya nada. (Penilaian di
lampiran 4)
13. Setelah
bernyanyi, guru meminta siswa untuk menuliskan perasaan mereka menemukan
jenis gaya dan gerak dari kegiatan bernyanyi.
14. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku halaman 75.
15. Guru
menambahkan pertanyaan perenungan.
|
160
menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3. Kegiatan
rutin penutup ( Doa dan Salam)
|
10
menit
|
10. PENILAIAN PEMBELAJARAN
a. Penilaian
Aspek pengetahuan
Teknik Penilaian : Tes
Ragam Penilaian : Essay
b. Penilaian
Aspek Keterampilan
Teknik Penilaian : Non Tes
Ragam Penilaian : Rubrik
c. Penilaian
Aspek Sikap
Teknik Penilaian : Non-Tes
Ragam Penilaian : Rubrik
11. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
a. Sumber
Belajar
1. Buku
tematik Kelas 4 Tema Selalu Berhemat Energi
2. Buku
RPAL Glosarium
3. Kurikulum
b. Media
1. Benda-benda
yang ada di dalam kelas. (Meja, Kertas, Papan Tulis)
2. Gambar-Gambar
Bentuk gaya dan gerak
3. Video
Gaya dan Gerak
Balikpapan,
20 November 2013
Mengetahui :
|
|
Lampiran-lampiran
:
1. Rancangan
Bahan Ajar
2. Rancangan
Media Pembelajaran
3. Rancangan
LKS
4. Rancangan
Penilaian/Assesment
I.
RANCANGAN
BAHAN AJAR
1. Tema/Subtema :
Selalu Berhemat Energi/ Gaya dan Gerak
2. Kompetensi
Dasar :
2.1 KOMPETENSI
DASAR MAPEL BAHASA INDONESIA
a. Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 3.1)
b. Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indoensia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku. (KD 4.1)
c. Meresapi
makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai
bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memeproleh Ilmu
Pengetahuan (KD 1.1)
d. Memiliki
kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi
alternatif melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia. (KD 2.1)
2.2 KOMPETENSI
DASAR MAPEL MATEMATIKA
a. Menentukan
kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan
terkecil. (KD 3.1)
b. Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. (KD 4.1)
c. Menunjukkan
perilaku yang sesuai dengan hasil pembelajaran KPK dan FPB. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan
rata-rata jumlah yang sama. (KD 2.3)
2.3 KOMPETENSI
DASAR MAPEL IPA
a. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan serta
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (KD 3.3)
b. Menyajikan
laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik. (KD 4.3)
c. Bertambahnya
keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkan dalam
pengalaman ajaran agama yang dianutnya. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka dan peduli lingkungan) daam
kativitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi . (KD 2.1 )
2.4 KOMPETENSI
DASARMAPEL SBDP
a. Membedakan
panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan. (KD 3.3)
b. Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KD 4.5)
c. Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan. (KD 1.1)
d. Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni. (KD 2.1)
3. Bahan
Ajar
3.1 MATA
PELAJARAN IPA
Gaya
dan Gerak di Sekitar Kita
Beni
sedang bersepeda. Dalam perjalanannya, ia melihat seorang tukang bakso yang mendorong
gerobak hingga bergerak dan berpindah tempat. Beni bertemu dengan Udin yang
sedang bermain ketapel untuk melontarkan batu sampai batu tersebut jatuh. Beni
bertanya-tanya, apa yang menyebabkan benda-benda tersebut bergerak sehingga
berpindah tempat? Ayo kita bantu Beni untuk menemukan jawabannya!
3.2 MATA
PELAJARAN MATEMATIKA
Edo
dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedangkan Dayu
melompat 3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0,
bilangan manakah yang sama-sama mereka lompati?
3.3 MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Penyebab
benda-benda tersebut bergerak pada gambar di atas adalah karena ada gaya.
Sekarang,
coba gerakkan benda-benda yang ada di sekitarmu! Kamu boleh menarik, mendorong,
menjatuhkan, atau menggelindingkan benda-benda yang kamu temukan. Tulis
pengalamanmu dengan benda-benda tersebut. Tulisanmu harus memuat jenis benda
yang kamu pilih, bagaimana kamu menggerakkannya, serta jenis gaya yang
diberikan.
3.4 MATA
PELAJARAN SBDP
Ayo
menyanyikan lagu di bawah ini sambil memperagakan gerakan sesuai syair.
Perhatikan notasi angkanya.
5. Soal
Latihan
1. Apa
yang menyebabkan benda dapat bergerak?
2. Sebutkan
macam-macam gaya!
3. Apa
yang dimaksud dengan KPK?
6. Daftar
Pustaka
a. Kurikulum
b. Buku
Tematik Kelas IVTema Selalu Berhemat Energi
c. RPAL
Glosarium Penerbit Pustaka Tanah Ait
d. Kamus
Fisika
2.
Rancangan Media Pembelajaran
1. Rancangan
Media Gambar/Foto
Deskripsi :
Gambar diatas adalah contoh kegiatan
dari gaya dan gerak. Guru menyiapkan media ini di sebuah karton yang akan
ditempel di papan tulis kelas.
Penggunaan Media Gambar :
Media gambar ini digunakan untuk mencari
contoh lain dari gerak dan gaya yang ada di kehidupan sehari-hari.
2. Rancangan
Video
Deskripsi :
Video ini digunakan untuk menjelaskan
lebih banyak lagi dari gerak dan gaya. Video ini disediakan oleg guru dan
ditayangkan menggunakan Proyektor.
Penggunaan Media Video :
Media Video ini digunakan dalam proses pembelajaran
sebagai bahan refrensi lain dalam mengambil deskripsi dari gerak dan gaya,
sertacontoh lain dari gerak dan gaya.
3.
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS)
1. LKS
1
Untuk Kegiatan Eksperimen
1)
Deskripsi LKS
a. Amati
dengan seksama gambar yang ada di buku halaman 71
b. Lakukan
kegiatan sesuai dengan gambar yang ada di buku
c. Jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Apa
yang terjadi pada kursi setelah kamu tarik dan dorong? Jelaskan!
2. Apa
yangterjadi pada kertas setelah kamu remas? Jelaskan!
d. Diskusikan
dengan jawaban dengan teman sebelah.
2)
Penggunaan LKS
LKS
ini digunakan untuk mengetahui sistematika kegiatan eksperimen yang dilakukan
oleh siswa.
2. LKS
2
Untuk kegiatan Tugas
1)
Deskripsi LKS
a. Bacalah
cerita tentang permainan lompat kelinci dan garis bilangan.
b. Jawab
pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Edo
dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedang Dayu melompat
3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0, bilangan
manakah yang sama-sama mereka lompati?
2. Jika
Edo dan Dayu melompat dengan dimulai di angka 2, bilangan mana yang sama-sama
dilompati?
3. Siapa
yang paling cepat sampai di ujung, Edo atau Dayu?
4. Jika
Beni melompat 2-2 dari titik 0 dan Udin melompat 3-3 dari titik 18, di titik
manakah mereka akan bertemu?
2)
Penggunaan LKS
LKS
ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa untuk memahami materi
tentang KPK.
3. LKS
3
Untuk Kegiatan Eksperimen
1)
Deskripsi LKS
a. Amati
gambar-gambar yang ada di buku halaman 72
b. Guru
menjelaskan penyebab benda-benda itu bergerak karena ada gaya .
c. Siswa
mencoba menggerakan benda-benda di sekitarnya
d. Siswa
menuliskan pengalaman dengan benda-benda di dalam kelas. Tulisan harus memuat
jenis benda yang dipilih oleh setiap siswa,bagaimana menggerakannya, serta
jenis gaya yang diberikan.
2)
Penggunaan LKS
LKS
ini digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai materi ajar
gaya dan gerak.
4. LKS
4
Untuk kegiatan bernyanyi
1)
Deskripsi LKS
a. Siswa
menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama
b. Sembari
menyayi, siswa menggerakan badan dan tangan sesuai dengan tinggi rendahnya nada
lagu.
c. Jawab
pertanyaa-pertanyaan berikut
1. Bagaimana
perasaanmu saat menyanyikan lagu itu?
2. Saat
kamu bernyanyi, gaya dan gerak apa yang kamu temukan?
2)
Penggunaan LKS
LKS
ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami
macam-macam gerak dan gaya.
4.
LAMPIRAN PENILAIAN(ASSESSMENT)
1. Rancangan
Penilaian Matematika (Tes/Pengetahuan)
a.
Kisi-Kisi Soal Tes
1. Mata
Pelajaran : Matematika
2. Kelas/Semester : IV/ 2
3. Standar
Kompetensi :
a. Menentukan
kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK)
b. Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
b.
Soal Tes Tertulis dan Kunci Jawaban
1. Edo
dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedang Dayu melompat
3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0, bilangan
manakah yang sama-sama mereka lompati?
2. Jika
Edo dan Dayu melompat dengan dimulai di angka 2, bilangan mana yang sama-sama
dilompati?
3. Siapa
yang paling cepat sampai di ujung, Edo atau Dayu?
4. Jika
Beni melompat 2-2 dari titik 0 dan Udin melompat 3-3 dari titik 18, di titik
manakah mereka akan bertemu?
Kunci Jawaban:
1.
Bilangan 6,12,dan 18
2.
Bialangan 8 dan 14
3.
Dayu
4.
Di titik 6,12, dan 18
Pedoman
Penyetoran :
·
Setiap jawaban benar, skor 25
·
Total skor = 100
·
Nilai =
5. Rancangan
Penilaian Non-Tes Aspek Pengetahuan
Instrumen pengamatan
kemampuan pengetahuan untuk eksperimen 1 (IPA)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa
dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarik dan di dorong
|
|
|
Siswa
dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas
|
|
|
Pedoman Penyetoran :
·
Skor maksimal = 10
·
Skor Ya = 5 dan Tidak = 0
Instrumen
Pengamatan Kemampuan Pengetahuan untuk eksperimen 2 (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Dalam
cerita yang dibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih
|
|
|
Dalam
cerita yang dibuat sudah memuat carabagaiman aku menggerakkan benda-benda
yang aku pilih
|
|
|
Dalam
cerita yang dibuat sudah memuat jenis gaya yang aku berikan pada benda-benda
yang aku pilih
|
|
|
Pedoman Penyetoran :
·
Skor maksimal = 15
·
Skor Ya = 5 dan Tidak = 0
6. Rancangan
Penilaian Non-Tes Aspek Keterampilan
Instrumen Pengamatan
Kemampuan Pengetahuan untuk Kegiatan (SBdp)
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa
dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan syair
|
|
|
Siswa
dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah nada
|
|
|
Siswa
dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan gerak tangan dan badan
|
|
|
Pedoman Penyetoran :
·
Skor maksimal = 15
·
Skor Ya = 5 dan Tidak = 0
7. Rancangan
Penilaian Non-Tes Aspek Sikap
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1
|
Rasa Ingin
Tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
3
|
Tekun
|
|
|
|
|
|
4
|
Cinta Tanah
Air
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Skor Maksimal = 16
Nilai =
Skor :
1.
Belum terlihat : 1
2.
Mulai terlihat : 2
3.
Mulai berkembang : 3
4.
Membudaya : 4
0 komentar:
Posting Komentar