Subscribe:

Jumat, 06 Desember 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (UNTUK SD) Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(UNTUK SD)

1.      IDENTITAS
a.       Satuan Pendidikan          : SD 009 Balikpapan Barat
b.      Tema/Subtema                 : Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak
c.       Kelas/Semester                : IV/2
d.      Materi Pokok                   : Gaya dan Gerak
e.       Jumlah Pertemuan           : 1
2.      KOMPETENSI INTI
a.       Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
b.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
c.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya.
d.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
3.      KOMPETENSI DASAR
3.1  KOMPETENSI DASAR MAPEL BAHASA INDONESIA
a.       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 3.1)
b.      Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indoensia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 4.1)
c.       Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memeproleh Ilmu Pengetahuan (KD 1.1)
d.      Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia. (KD 2.1)
3.2  KOMPETENSI DASAR MAPEL MATEMATIKA
a.       Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil. (KD 3.1)
b.      Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. (KD 4.1)
c.       Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hasil pembelajaran KPK dan FPB. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama. (KD 2.3)
3.3  KOMPETENSI DASAR MAPEL IPA
a.       Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (KD 3.3)
b.      Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik. (KD 4.3)
c.       Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkan dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka dan peduli lingkungan) daam kativitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi . (KD 2.1 )
3.4  KOMPETENSI DASARMAPEL SBDP
a.       Membedakan panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan. (KD 3.3)
b.      Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KD 4.5)
c.       Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni. (KD 2.1)
4.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR
4.1  INDIKATOR PENCAPAIAN KD MAPEL BAHASA INDONESIA
a.       Menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku.
b.      Membuat laporan hasil pengamatan tentang gaya dan gerak.
4.2  INDIKATOR PENCAPAIAN KD MAPEL MATEMATIKA
a.       Menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK
b.      Memecahkan persoalan mengenai KPK
4.3  INDIKATOR PENCAPAIAN KD MAPEL IPA
a.       Menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.
b.      Menghubungkan gaya, gerak dan energi dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  INDIKATOR PENCAPAIAN KD MAPEL SBDP
a.       Menyanyikan lagu sesuai dengan tinggi rendahnya nada.
b.      Memperagakan gerak tangan dan badan sesuai dengan lagu dan tinggi rendahnya nada.
5.      TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Siswa mampu menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku. (Bahasa Indonesia)
b.      Siswa mampu membuat laporan hasil pengamatan tentang gaya dan gerak. (Bahasa Indonesia)
c.       Siswa mampu menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK. (Matematika)
d.      Siswa mampu memecahkan masalah mengenai KPK. (Matematika)
e.       Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan. (IPA)
f.       Siswa mampu menghubungkan gaya, gerak dan energi dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (IPA)
g.      Siswa mampu menyanyikan lagu sesuai dengan tinggi rendahnya nada.
h.      Siswa mampu memperagakan gerak tangna dan badan sesuai dengan lagu dan tinggi rendahnya nada.
6.      MATERI PEMBELAJARAN
6.1  MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
a.       Menuliskan pengalaman menggerakan benda-benda.
b.      Membuat daftar gerak benda di sekitarnya.
c.       Membaca ilustrasi tentang benda bergera di sekitar.
6.2  MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
a.       Memahami  konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
b.      Memecahkan masalah cerita tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
6.3  MATERI PEMBELAJARAN IPA
a.       Pengertian/konsep dari gaya dan gerak.
b.      Menemukan jenis-jenis gaya yang ada di kehidupan sehari-hari.
c.       Mempraktekan jenis-jenis gaya dan gerak.
d.      Mendiskusikan hasil dari berbagai percobaan yang dilakukan.
6.4  MATERI PEMBELAJARAN SBDP
a.       Menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan syair dan tinggi rendah nada.
b.      Menggerakkan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
7.      ALOKASI WAKTU
a.       Pembukaan          : 10 Menit
b.      Inti                       : 160 Menit
c.       Penutup               : 10 Menit
8.      METODE PEMBELAJARAN
a.       Strategi/Pendekatan Pembelajaran          : Scientific
b.      Model Pembelajaran                    : Kooperatif Learning Tipe Discovery Learning
c.       Metode Pembelajaran                  : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Eksperimen.
9.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pembukaan
1.      Melakukan kegiatan rutin awal pelajaran ( Salam, Doa dan memeriksa kehadiran siswa)
2.      Apersepsi
3.      Motivasi
4.      Menyampaikan tema yangakan dibahas tentang “Selalu Berhemat Energi” dengan subtema Gaya dan Gerak. Kemudian dilanjutkan dengan menyebutkan indikator pembelajaran
10 menit
Inti
1.      Siswa diberi kesempatan membaca ilustrasi tentang benda bergerak agar memperoleh gambaran konkret tentang gaya dan gerak di sekitar kita.
2.      Guru mengajak siswa untuk membuka dan menutup pintu , medorongdan menarik meja, serta meremas selembar kertas, seperti yang diilustrasikan di buku hal 71.
3.      Siswa menjawab pertanyaan di buku dan mendiskusikan hasil jawaban masing-masing dengan teman sebangkunya.(Penilaian di lampiran 4)
4.      Guru member sisw untuk mengamati gambar yang berhubungan dengan gaya dan gerak selama 5 menit.
5.      Guru meminta siswa memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bias menjatuhkan, menggelindingkan atau mendorong benda tersebut.
6.      Guru menayangkan video tentang gerak benda.
7.      Guru member kesempatan kepada siswa untuk bereksporasi dan menuliskan hasilnya di buku
8.      Guru dan siswa membuat kesimpulan tentang gaya dan gerak. (Penilaian di lampiran 4)
9.      Guru meminta siswa melakukan permainan lompat kelinci dan menemukan jenis gaya pada permainan ini.
10.  Guru menjelaskan tentang konsep dari Kelipatan persekutuan Terkecil (KPK).
11.  Guru meminta siswa mengerjakan soal yang ada pada buku halaman 73 dan saling bertukar jawaban dengan teman sebangkunya. (Penilaian di lampiran 4)
12.  Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama. Saat bernyanyi guru mencontohkan gerakan sesuai dengan tinggi rendahnya nada. (Penilaian di lampiran 4)
13.  Setelah bernyanyi, guru meminta siswa untuk menuliskan perasaan mereka menemukan jenis gaya dan gerak dari kegiatan bernyanyi.
14.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku halaman 75.
15.  Guru menambahkan pertanyaan perenungan.
160 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.      Kegiatan rutin penutup ( Doa dan Salam)
10 menit

10.  PENILAIAN PEMBELAJARAN
a.       Penilaian Aspek pengetahuan
Teknik Penilaian  : Tes
Ragam Penilaian  : Essay
b.      Penilaian Aspek Keterampilan
Teknik Penilaian  : Non Tes
Ragam Penilaian  : Rubrik
c.       Penilaian Aspek Sikap
Teknik Penilaian : Non-Tes
Ragam Penilaian  : Rubrik
11.  SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
a.       Sumber Belajar
1.      Buku tematik Kelas 4 Tema Selalu Berhemat Energi
2.      Buku RPAL Glosarium
3.      Kurikulum
b.      Media
1.      Benda-benda yang ada di dalam kelas. (Meja, Kertas, Papan Tulis)
2.      Gambar-Gambar Bentuk gaya dan gerak
3.      Video Gaya dan Gerak

Balikpapan, 20 November 2013
Mengetahui :





Kepala SD 009




Drs. Yohanes Surya
NIP 1105 1150 345 7
 

Guru Kelas




Yuli Setyaningrum
NIP 1105 1150 2342
 
 





Lampiran-lampiran :
1.      Rancangan Bahan Ajar
2.      Rancangan Media Pembelajaran
3.      Rancangan LKS
4.      Rancangan Penilaian/Assesment



I.       RANCANGAN BAHAN AJAR


1.      Tema/Subtema                 : Selalu Berhemat Energi/ Gaya dan Gerak
2.      Kompetensi Dasar           :
2.1  KOMPETENSI DASAR MAPEL BAHASA INDONESIA
a.       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 3.1)
b.      Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indoensia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. (KD 4.1)
c.       Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memeproleh Ilmu Pengetahuan (KD 1.1)
d.      Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia. (KD 2.1)
2.2  KOMPETENSI DASAR MAPEL MATEMATIKA
a.       Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil. (KD 3.1)
b.      Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya. (KD 4.1)
c.       Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hasil pembelajaran KPK dan FPB. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama. (KD 2.3)
2.3  KOMPETENSI DASAR MAPEL IPA
a.       Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan serta mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (KD 3.3)
b.      Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik. (KD 4.3)
c.       Bertambahnya keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya serta mewujudkan dalam pengalaman ajaran agama yang dianutnya. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka dan peduli lingkungan) daam kativitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi . (KD 2.1 )
2.4  KOMPETENSI DASARMAPEL SBDP
a.       Membedakan panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan. (KD 3.3)
b.      Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KD 4.5)
c.       Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan. (KD 1.1)
d.      Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni. (KD 2.1)
3.      Bahan Ajar
3.1  MATA PELAJARAN IPA
Gaya dan Gerak di Sekitar Kita
Beni sedang bersepeda. Dalam perjalanannya, ia melihat seorang tukang bakso yang mendorong gerobak hingga bergerak dan berpindah tempat. Beni bertemu dengan Udin yang sedang bermain ketapel untuk melontarkan batu sampai batu tersebut jatuh. Beni bertanya-tanya, apa yang menyebabkan benda-benda tersebut bergerak sehingga berpindah tempat? Ayo kita bantu Beni untuk menemukan jawabannya!
3.2  MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Edo dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedangkan Dayu melompat 3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0, bilangan manakah yang sama-sama mereka lompati?
3.3  MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Penyebab benda-benda tersebut bergerak pada gambar di atas adalah karena ada gaya.
Sekarang, coba gerakkan benda-benda yang ada di sekitarmu! Kamu boleh menarik, mendorong, menjatuhkan, atau menggelindingkan benda-benda yang kamu temukan. Tulis pengalamanmu dengan benda-benda tersebut. Tulisanmu harus memuat jenis benda yang kamu pilih, bagaimana kamu menggerakkannya, serta jenis gaya yang diberikan.
3.4  MATA PELAJARAN SBDP
Ayo menyanyikan lagu di bawah ini sambil memperagakan gerakan sesuai syair. Perhatikan notasi angkanya.
5.      Soal Latihan
1.      Apa yang menyebabkan benda dapat bergerak?
2.      Sebutkan macam-macam gaya!
3.      Apa yang dimaksud dengan KPK?
6.      Daftar Pustaka
a.       Kurikulum
b.      Buku Tematik Kelas IVTema Selalu Berhemat Energi
c.       RPAL Glosarium Penerbit Pustaka Tanah Ait
d.      Kamus Fisika


2. Rancangan Media Pembelajaran

1.      Rancangan Media Gambar/Foto
Deskripsi :
Gambar diatas adalah contoh kegiatan dari gaya dan gerak. Guru menyiapkan media ini di sebuah karton yang akan ditempel di papan tulis kelas.
Penggunaan Media Gambar :
Media gambar ini digunakan untuk mencari contoh lain dari gerak dan gaya yang ada di kehidupan sehari-hari.
2.      Rancangan Video
Deskripsi :
Video ini digunakan untuk menjelaskan lebih banyak lagi dari gerak dan gaya. Video ini disediakan oleg guru dan ditayangkan menggunakan Proyektor.
Penggunaan Media Video :
Media Video ini digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan refrensi lain dalam mengambil deskripsi dari gerak dan gaya, sertacontoh lain dari gerak dan gaya.

3.      LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)


1.      LKS 1
Untuk Kegiatan Eksperimen
1)      Deskripsi LKS
a.       Amati dengan seksama gambar yang ada di buku halaman 71
b.      Lakukan kegiatan sesuai dengan gambar yang ada di buku
c.       Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
1.      Apa yang terjadi pada kursi setelah kamu tarik dan dorong? Jelaskan!
2.      Apa yangterjadi pada kertas setelah kamu remas? Jelaskan!
d.      Diskusikan dengan jawaban dengan teman sebelah.
2)      Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk mengetahui sistematika kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh siswa.

2.      LKS 2
Untuk kegiatan Tugas
1)      Deskripsi LKS
a.       Bacalah cerita tentang permainan lompat kelinci dan garis bilangan.
b.      Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
1.      Edo dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedang Dayu melompat 3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0, bilangan manakah yang sama-sama mereka lompati?
2.      Jika Edo dan Dayu melompat dengan dimulai di angka 2, bilangan mana yang sama-sama dilompati?
3.      Siapa yang paling cepat sampai di ujung, Edo atau Dayu?
4.      Jika Beni melompat 2-2 dari titik 0 dan Udin melompat 3-3 dari titik 18, di titik manakah mereka akan bertemu?
2)      Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa untuk memahami materi tentang KPK.

3.      LKS 3
Untuk Kegiatan Eksperimen
1)      Deskripsi LKS
a.       Amati gambar-gambar yang ada di buku halaman 72
b.      Guru menjelaskan penyebab benda-benda itu bergerak karena ada gaya .
c.       Siswa mencoba menggerakan benda-benda di sekitarnya
d.      Siswa menuliskan pengalaman dengan benda-benda di dalam kelas. Tulisan harus memuat jenis benda yang dipilih oleh setiap siswa,bagaimana menggerakannya, serta jenis gaya yang diberikan.
2)      Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai materi ajar gaya dan gerak.

4.      LKS 4
Untuk kegiatan bernyanyi
1)      Deskripsi LKS
a.       Siswa menyanyikan lagu “Ada Sepeda” bersama-sama
b.      Sembari menyayi, siswa menggerakan badan dan tangan sesuai dengan tinggi rendahnya nada lagu.
c.       Jawab pertanyaa-pertanyaan berikut
1.      Bagaimana perasaanmu saat menyanyikan lagu itu?
2.      Saat kamu bernyanyi, gaya dan gerak apa yang kamu temukan?
2)      Penggunaan LKS
LKS ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami macam-macam gerak dan gaya.











4. LAMPIRAN PENILAIAN(ASSESSMENT)

1.      Rancangan Penilaian Matematika (Tes/Pengetahuan)
a.       Kisi-Kisi Soal Tes
1.      Mata Pelajaran                  : Matematika
2.      Kelas/Semester                  : IV/ 2
3.      Standar Kompetensi         :
a.       Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
b.      Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
b.      Soal Tes Tertulis dan Kunci Jawaban
1.      Edo dan Dayu sedang bermain lompat kelinci. Edo melompat 2-2, sedang Dayu melompat 3-3 pada garis bilangan. Jika mereka melompat dimulai bilangan 0, bilangan manakah yang sama-sama mereka lompati?
2.      Jika Edo dan Dayu melompat dengan dimulai di angka 2, bilangan mana yang sama-sama dilompati?
3.      Siapa yang paling cepat sampai di ujung, Edo atau Dayu?
4.      Jika Beni melompat 2-2 dari titik 0 dan Udin melompat 3-3 dari titik 18, di titik manakah mereka akan bertemu?

Kunci Jawaban:
1.      Bilangan 6,12,dan 18
2.      Bialangan 8 dan 14
3.      Dayu
4.      Di titik 6,12, dan 18
Pedoman Penyetoran :
·         Setiap jawaban benar, skor 25
·         Total skor = 100
·        Nilai =


5.      Rancangan Penilaian Non-Tes Aspek Pengetahuan
Instrumen pengamatan kemampuan pengetahuan untuk eksperimen 1 (IPA)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarik dan di dorong


Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas



Pedoman Penyetoran :
·         Skor maksimal = 10
·         Skor Ya = 5 dan  Tidak = 0
Instrumen Pengamatan Kemampuan Pengetahuan untuk eksperimen 2 (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Ya
Tidak
Dalam cerita yang dibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih


Dalam cerita yang dibuat sudah memuat carabagaiman aku menggerakkan benda-benda yang aku pilih


Dalam cerita yang dibuat sudah memuat jenis gaya yang aku berikan pada benda-benda yang aku pilih



Pedoman Penyetoran :
·         Skor maksimal = 15
·         Skor Ya = 5 dan  Tidak = 0

6.      Rancangan Penilaian Non-Tes Aspek Keterampilan
Instrumen Pengamatan Kemampuan Pengetahuan untuk Kegiatan (SBdp)
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan syair


Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah nada


Siswa dapat menyanyikan lagu “Ada Sepeda” sesuai dengan gerak tangan dan badan



Pedoman Penyetoran :
·         Skor maksimal = 15
·         Skor Ya = 5 dan  Tidak = 0
7.      Rancangan Penilaian Non-Tes Aspek Sikap
No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket
1
Rasa Ingin Tahu





2
Teliti





3
Tekun





4
Cinta Tanah Air






Keterangan Skor :
Skor Maksimal = 16
Nilai =
Skor :
1.      Belum terlihat : 1
2.      Mulai terlihat : 2
3.      Mulai berkembang : 3
4.      Membudaya : 4


0 komentar:

Posting Komentar