Subscribe:

Senin, 14 April 2014

Deskripsi RPP Tema Selalu Berhemat Energi



Deskripsi RPP
a.       Satuan Pendidikan   : SD 009 Balikpapan Barat
b.      Tema/Subtema         : Selalu Berhemat Energi/Pemanfaatan Energi
c.       Kelas/Semester        : IV/1
d.      Materi Pokok          : Hemat Energi
e.       Jumlah Pertemuan   : 1

Guru    :  (guru memasuki kelas)
Guru    :  (guru mengucapkan salam) Assalamualaikum anak-anak. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kalian semua
Siswa 1:  (siswa menjawab salam guru) Waalaikumsalam
Siswa 2:  (siswa menjawab salam) Pagi bu guru
Guru    :  (guru menanyakan kabar siswa) Baiklah apa kabarnya hari ini anak-anak?
Siswa   :  Baik ibu guru
Guru    : Baiklah, sebelum kita memulai pelajaran hari ini, kita berdoa dulu yah. Ketua kelas     silahkan memimpin doa.
Siswa   :  (ketua kelas memimpin doa) teman-teman sebelum kita belajar, mari kita berdoa menurut agama masing-masing. Berdoa dimulai…..berdoa selesai
Guru    :  (guru memeriksa kehadiran siswa) siapa yang hari ini tidak hadir ?
Siswa 1:  Amin bu
Guru    :  Kenapa Amin tidak hadir?
Siswa   :  Sakit flu bu.
Guru    :  Nah, jadi anak-anak  harus jaga kesehatan yah. Jangan sampai sakit yah. Suratnya ada atau tidak?
Siswa   :  Ada bu di atas meja
Guru    :  Ada lagi yang tidak hadir?
Siswa   :  Siska bu.
Guru    :  Kenapa Siska tidak hadir anak-anak?
Siswa   :  Katanya ada keluarganya yang meninggal bu
Guru    :  Innaliallahi wa innailaihi rojiun. Kita doakan ya anak-anak agar keluargnya Siska bisa diterima di sisi-Nya. Amin
Siswa   :  Amin
Guru    :  Baik. Sekarang sebelum kita belajar ibu mau duduknya dirapikan dulu dan posisinya duduk harus benar. (guru berkeliling  membantu siswa memmbetulkan posisi duduk dan meja)
Siswa   :  Iyah bu guru (siswa merapikan tempat duduk dan memperbaiki posisi duduknya)
Guru    :  Baik. Sekarang ibu mau bertanya, masih ingat kemarin kita belajar apa saja?
Siswa   :  Lupa bu,
Guru    :  Jadi kemarin kita belajar mengenai macam-macam energi. Ada yang masih ingat apa saja bentuk energi itu? Yang bisa coba angkat tangannya.
Siswa   :  (Siswa mengangkat tangan)
Siswa 1:  Energi panas bu
Siswa   : (siswa mengangkat tangan)
Siswa 2:  Energi matahari bu
Siswa   :  (siswa mengangkat tangan)
Siswa 3:  Angin bu guru
Guru    :  Yah. Betul sekali. Ayo beri tepuk tangan untuk teman-temannya yang berani menjawab pertanyaan ibu.
Siswa   :  (siswa bertepuk tangan)
Guru    :  Jadi hari ini kita akan belajar yang masih berkaitan dengan pelajaran kita kemarin. Untuk temanya tentang selalu berhemat energi. Subtemanya adalah Pemanfaatan energi.
Guru    :  (membuka buku pegangan guru) Sekarang coba dibuka bukunya halaman 36.   Kali ini kita akan mengamati gambar yang ada di buku secara berpasangan yah.
Siswa   :  Iyah bu (siswa mengeluarkan buku dan membuka buku halaman 36)
Guru    :  (guru meminta salah satu siswa untuk membaca ilustrasi di buku sebelum memulai pelajaran) Coba, siapa yang bisa membacakan ilustrasi di buku?
Siswa 1:  Saya bu (siswa mengangkat tangan)
Guru    :  Baik, Budi silahkan dibaca teksnya
Siswa 1:  (siswa membaca teks di buku) “Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Nah, sekarang amati gambar di bawah ini dan diskusikanlah dengan teman sebangkumu tentang kegiatan–kegiatan dan sumber energi yang dapat terlihat dari gambar itu.”
Guru    :  Terimakasih untuk Budi yang sudah membacakan teks. Beri tepuk tangan untuk Budi.(guru menepuk pundak siswa sebagai apresiasi)
Siswa   :  (siswa bertepuk tangan)
Guru    :  Sekarang kita kembali ke buku, di halaman tersebut ada sebuah gambar. Di gambar tersebut ada apa saja yang kalian lihat?
Siswa   :  Ada yang bermain layangan bu
Siswa   :  Berenang bu
Guru    :  Yah. Betul Sekali. Kemudian kira-kira terdapat energi apa saja yang ada di gambar tersebut.
Siswa   :  Matahari bu
Siswa   :  Angin
Guru    :  Benar sekali. Sekarang ibu minta kalian untuk mengamati gambar bersama dengan teman di sebelah kalian dan mendiskusikannya bersama. Mengerti?
Siswa   : (siswa mengamati gambar di buku dan berdiskusi dengan teman di sebelahnya) Iya bu.
Guru    :  (guru berkeliling memantau kerja siswa)
Guru    :  Sekarang setelah mengamati gambar, tuliskan hasil pengamatan kalian di buku yah.
Siswa   :  Iyah bu. (siswa menuliskan hasil pengamatan di buku)
Guru    :  Sudah selesai anak-anak?
Siswa   :  Belum bu guru
Guru    :  Baik, ibu beri waktu tambahan yah
Siswa   :  Iyah bu guru
Guru    : (guru berkeliling memantau pekerjaan siswa)
Siswa   :  Sudah bu.
Guru    :  Sekarang siapa yang bisa menjelaskan hasil pengamatannya tadi di depan kelas? Ayo Budi. Mau maju ke depan kelas.
Siswa   :  (siswa saling menunjuk temannya)
Guru    :  Ayo. Jangan tunjuk-tunjukkan yah. Yang berani langsung ke depan
Siswa 1:  Saya bu(siswa mengangkat tangan)
Guru    : Silahkan maju Ani.
Siswa1 :  (siswa maju ke depan kelas sambil membawa hasil pengamatan gambar yang ada di buku).
Guru    :  (guru mempersilahkan siswa untuk membacakan hasil pengamatnnya) Silahkan dibaca.
Siswa   :  (siswa membacakan hasil pengamatnnya)
Guru    :  Bagus. beri tepuk tangan untuk Ani anak-anak.
Siswa   : (siswa bertepuk tangan)
Guru    : Siapa lagi yang mau membacakan hasil pengamatannya?
Siswa 2: Saya bu
Guru    : (guru mempersilahkan siswa untuk maju ke depan kelas) Ayo. Andi silahkan maju.
Siswa 2: (siswa maju ke depan kelas dengan membawa hasil pengamatannya)
Guru    : (guru mempersilahkan siswa untuk membacakan hasil pengamatnnya)
Siswa2 : (siswa membacakan hasil pengamatnnya)
Guru    : Sekarang, ibu mau bertanya. Energi itu bisa berubah atau tidak anak-anak?
Siswa   : Bisa bu.
Guru    : Nah, seperti yang kita ketahui bahwa energi merupakan apa anak-anak?
Siswa   : Kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja.
Guru    : Yah benar. Ayo beri tepuk tangan untuk temannya.
Siswa   : (siswa bertepuk tangan)
Guru    : (guru membuka halaman selanjutnya) Coba buka bukunya halaman 37.
Siswa   : (siswa membuka halaman selanjutnya)
Guru    : Sekarang kita lihat tabel yang ada di halaman 37. Ada beberapa kegiatan-kegiatan yang   kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Perintahnya, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energinya. Mengerti?
Siswa   : Iya bu
Guru    : (guru berkeliling kelas memeriksa pekerjaan siswa)
Siswa   : (siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru)

10 menit kemudian
Guru    : Sudah selesai semua anak-anak?
Siswa   : Sudah bu.
Guru    :  Sekarang ibu mau periksa yah. Sambil ibu memeriksa hasil kalian. Ibu akan memperlihatkan video tentang perubahan energi yang ada di kehidupan sehari-hari yah.coba diperhatikan. (guru mempersiapkan media video dan mengkondisikan siswa)
Siswa   : (siswa mengkondisikan posisi duduknya untuk menonton video)
Guru    : (guru memperhatikan siswa saat menonton video)
Guru    : Baik, tadi kita sudah menonton yah beberapa bentuk perubahan energi. Ada yang bisa menyebutkan perubahan apa saja?
Siswa   : Energi listrik ke panas bu
Guru    : Betul. Ada lagi tidak?
Siswa   : Energi Matahari ke listrik bu
Guru    :  Jawabannya benar sekali. Beri tepuk tangan untuk teman-temannya yang sudah menjawab.
Siswa   : (siswa bertepuk tangan)
Guru    : Jadi banyak sekali perubahan energi yang ada di kehidupan sehari-hari. Sekarang kalian berkumpul sesuai kelompok yang sudah ditentukan kemarin ya. Jangan lupa untuk mengeluarkan peralatan untuk praktek yah.
Siswa   :  (siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya dan mengeluarkan peralatan yang dibawa)
Guru    : Siapa yang tidak lengkap membawa peralatannya?
Siswa   : Rahmat bu.
Guru    : Rahmat kenapa tidak membawa?
Siswa   :  Ketinggalan di rumah bu
Guru    :  Yasudah. Lain kali sebelum pergi ke sekolah harus diperiksa apa saja yang harus dibawa, jangan sampai ketinggalan yah. Sekarang coba dibuka bukunya halaman 38.
Siswa   :  (siswa membuka buku halaman 38)
Guru    :  Sekarang kita akan melakukan percobaan perubahan energi sederhana.
Siswa   :  (siswa menyiapkan peralatan yang di butuhkan)
Guru    :  Kita melakukan percobaan, ibu mau periksa peralatannya dulu. Sudah dibawa benangnya?
Siswa   :  Sudah
Guru    :  Kalau lilinya?
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  (guru menjelaskan langkah kegiatan percobaan) Sebelum Baik, sekarang ibu akan membacakan langkah-langkah kegiatannya. Disimak baik-baik yah.
Siswa   :  Iyah bu.
Guru    :  Pertama, ambil selembar kertas dan gambarlah seperti contoh ini. (guru memperagakan gambar yang harus dibuat oleh siswa)
Siswa   : (siswa mengikuti arahan guru dan mulai menggambar pola di kertas)
Guru    : Sudah anak-anak?
Siswa   : Sudah bu
Guru    :  Sekarang gunting mengikuti garis sehingga menyerupai spiral.(guru kembali mencontohkan kepada siswa)
Siswa   :  (siswa mengikuti arahan dari guru untuk mengunting sesuai pola)
Guru    :  Selanjutnya lubangi salah satu dari ujung kertas yang sudah kita gunting tadi ya anak-anak. (guru memperagakan cara melubangi kertas menggunakan gunting)
Siswa   :  (siswa mengikuti arahan guru untuk melubangi kertas menggunakan gunting)
Guru    :  Setelah kita melubangi kertasnya ikat dengan benang panjang sekitar 50 cm. kita ukur dulu benangnya yah menggunakan penggaris.
Siswa   :  Iya bu. (siswa mengukur panjang benang kemudian mengguntingnya. Setelah itu diikatkan di lubang yang sudah dibuat)
Guru    :  Sudah atau belum anak-anak?
Siswa   :  Sulit bu masuki benangnya.
Guru    : (guru membantu siswa yang kesulitan dalam mengikat benang) Untuk memasukan benang ke dalam lubang harus sabar yah anak-anak.
Siswa   :  Iyah bu.
Guru    :  Sudah diikat semua anak-anak?
Siswa   :  Sudah ibu guru
Guru    : Baik. Selanjutnya keluarkan pensil kalian kemudia ikatkan ujung benang yang lain ke pensil. (guru memperagakan cara mengikat benaang di pensil)
Siswa   :  (siswa mencoba untuk mengikat benang di ujung pensil)
Guru    :  Terakhir, nyalakan lilinnya menggunakan korek yah. Ingat harus berhati-hati jangan sampai kena apinya. Setelah itu letakkan kertas spiral di atas api dan diputar-putar yah. Usahakan jarak antara api dan kertas tidak dekat agar tidak terbakar.(guru memperagakan cara memutar kertas spiral)
Siswa   :  (siswa mulai menyalakan api dan mencoba memutar kertas spiral di atas api lilin)
Guru    :  (guru bisa berkeliling sambil memperhatikan siswa yang melakukan percobaan). Jangan lupa untuk bergantian yah mencobanya. Jangan rebutan dengan teman yang lainnya yah.
Siswa   :  (siswa secara bergantian melakukan percobaan)
Siswa 1:  Ibu, Tantri tidak mau bergantian
Guru    :  Ayo Tantri, tidak boleh begitu. Menggunakannya harus bergantian yah.
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  Semuanya sudah mencoba?
Siswa   :  Belum bu
Guru    :  Ayo, ibu beri waktu yah 5 menit lagi untuk mencoba. (guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa sambil membantu siswa yang masih kesulitan)
Siswa   :  (siswa secara bergantian mencoba)
Guru    :  Coba kalian mendekatkan dan menjauhkan kertas spiralnya yah.
Siswa   :  Seperti ini kah bu?
Guru    :  Iyah. Betul sekali. Yang lain coba diikuti yah cara Siska untuk mendekatkan dan menjauhkan kertas spiral dari api lilin.
Siswa   :  (siswa melakukan perintah dari guru)
Guru    :  Bagaimana anak-anak? Sudah semua melakukannya?
Siswa   :  Sudah bu
Guru    :  Sekarang semuanya kembali ke tempat duduknya masing-masing yah dan jangan lupa peralatannya harus dibereskan. Apinya dimatikan ya.
Siswa   :  (siswa mulai membereskan peralatan percobaan bersama-sama)
Guru    :  Temannya dibantu untuk membereskan peralatannnya yah.
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  Baik. Sekarang coba dilihat kembali bukunya yah anak-anak.
Siswa   :  (siswa membuka kembali bukunya)
Guru    :  Tadi kita sudah melakukan percobaan mengenai perubahan energi. Sekarang ibu minta kalian menjawab pertanyaan yang ada di buku. Pertanyaannya apa yang terjadi jika kertas spiral ditempatkan di atas api lilin? Mengerti anak-anak?
Siswa   :  Mengerti ibu guru. (siswa mulai menjawab pertanyaan yang ada di buku)
Guru    :  (guru berkeliling kelas untuk memeriksa pekerjaan siswa sembari membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan)
Siswa   :  Ibu, saya masih kurang mengerti bu!
Guru    :  Yang mana Lisa?
Siswa   :  Yang ini bu. (sembari menunjuk yang kurang dipahami)
Guru    :  (guru mencoba membantu memecahkan masalahnya) Bagaimana Lisa? Sudah mengerti dengan penjelasan ibu?
Siswa   :  Sudah mengerti bu. Terima kasih
Guru    :  Anak-anak. Bagi yang masih kurang paham bisa langsung bertanya ke ibu yah.
Siswa   :  Iyah ibu guru.
Guru    :  Sekarang waktunya kita istirahat yah anak-anak. Jangan berebutan yah keluarnya.
Siswa   :  Iya bu guru

15 Menit kemudian
Guru    :  (guru mengkondisikan siswa untuk memasuki kelas) Ayo anak-anak. Semuanya masuk ke kelas yah.
Siswa   :  (siswa memasuki kelas)
Guru    :  Langsung duduk dibangkunya masing-masing yah
Siswa   :  Iyah bu guru. (siswa duduk ke bangkunya masing-masing)
Guru    :  Tadi apa saja yang kalian lakukan saat istirahat?
Siswa 1:  Makan bu
Siswa 2:  Bermain bola bu
Guru    :  Baik. Sekarang waktunya kita belajar lagi yah. (guru membuka buku halaman 38)
Siswa   :  Iya bu guru
Guru    :  Sekarang coba kalian buka bukunya halaman 38
Siswa   :  (siswa membuka buku halaman 38)
Guru    :  Sekarang kita akan belajar cara membuat laporan hasil dari percobaan yang sudah kita lakukan tadi.
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  Coba dilihat di halaman 39. Di buku sudah ada lampiran untuk hasil percobaan. Coba kalian isi yah. Dalam penulisannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Contohnya dalam penulisan kata, tanda bacanya juga
Siswa   :  (siswa mulai membuat laporan hasil pengamatan)
Guru    :  Jangan lupa dalam menulis sebuah kalimat harus mengandung subjek dan predikat. Ada yang masih belum mengerti?
Siswa   :  Sudah bu.
Guru    :  Baik. Sekarang ibu ingin bertanya. Dari percobaan yang telah kita lakukan tadi, apa saja yang dapat kita pelajari anak-anak?
Siswa   :  Banyak bu
Guru    :  Coba disebutkan salah satunya
Siswa   :  Tadi berhasil melakukan percobaan bu
Guru    :  Yah. Benar sekali. Jadi dalam melakukan percobaan kadang berhasil, kadang gagal. Bagaimana perasaan kalian saat melakukan percobaan tadi?
Siswa   :  Senang bu
Guru    :  Sekarang, coba kalian tuliskan perasaan kalian dibuku mengenai hasil percobaan yang kita lakukan tadi.
Siswa   :  Baik bu guru.
Guru    :  Nah, jadi kita tadi telah melakukan percobaan tentang perubahan energi. Semua tahu atau tidak bahwa energi itu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari kita?
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  Nah. Sekarang ibu minta kalian untuk berdiskusi secara berpasangan tentang penggunaan energi di rumah kalian masing-masing secara hemat dan aman. Mengerti anak-anak?
Siswa   :  Iyah bu guru
Guru    :  Tuliskan hasil diskusi kalian di buku yah
Siswa   :  Iyah bu guru
Guru    :  Sekarang kita akan mendiskusikan hasil dari dikusi kalian semua. Siapa yang mau membacakan hasilnya terlebih dahulu?
Siswa   :  (siswa mengacungkan tangan) Saya bu
Guru    :  Ayo Lita. Coba kamu bacakan hasil diskusi kamu dengan Mawar
Siswa   :  Menurut kami, cara menggunakan yang baik contohnya saat menonton tv, jika sudah tidak ada yang menonton harus dimatikan.
Guru    :  Bagus sekali jawaban dari Lita dan Mawar. Beri tepuk tangan untuk Lita dan Mawar
Siswa   :  (siswa bertepuk tangan)
Guru    :  Selain itu siapa lagi yang punya pendapat lain?
Siswa   :  (siswa mengacungkan tangan) Saya bu
Guru    :  Ayo Beni coba dibacakan hasil diskusi kamu dengan Rudi
Siswa   : kita harus mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan lagi. Terutama saat pagi dan siang karena sudah ada matahari bu
Guru    :  Benar sekali anak-anak. Ayo beri tepuk tangan untuk Beni dan Rudi
Siswa   :  (siswa bertepuk tangan)
Guru    :  Tadi ibu sudah menugaskan kalian untuk berdiskusi tentang penggunaan energi di rumah secara hemat dan aman. Sekarang coba di buka bukunya halaman 40 yah.
Siswa   :  (siswa membuka buku halaman 40)
Guru    :  Sekarang kita amati gambar yang ada di halaman 40. Di gambar ini banyak sekali penggunaan energi dalam sebuah rumah. Jadi tugas kalian adalah menandai mana-mana saja penggunaan energi yang termasuk aman dan hemat dan juga sebaliknya. Untuk penggunaan yang sudah benar diberi tanda centang (V) sedangkan untuk penggunaan energi yang boros diberi tanda silang (x). Mengerti anak-anak?
Siswa   :  Mengerjakannya dimana bu?
Guru    :  Dikerjakannya langsung di buku saja. Ibu beri waktu 15 menit untuk mengerjakannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, acungkan tangan kalian yah.
Siswa   :  Iyah bu
Guru    :  Sekarang ibu ingin bertanya, siapa yang tahu cara menggunaan alat-alat listrik dengan aman? Acungkan tangannya tinggi-tinggi.
Siswa   :  Saya bu
Guru    :  Ayo Lita. Sebutkan cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman?
Siswa   :  Tangannya tidak boleh basah bu kata mama saya
Guru    :  Benar sekali. Ayo beri tepuk tangannya dulu
Siswa   :  (siswa bertepuk tangan)
Guru    :  Jadi banyak sekali cara-cara yang benar dalam menggunakan alat-alat listrik. Sekarang coba kalian tuliskan hasil diskusi kita tentang cara menghemat energi di dalam buku halaman 40.
Siswa   :  Baik bu guru
Guru    :  Nah. Anak-anak, hari ini kita sudah belajar apa saja. Coba kita simpulkan bersama-sama.
Siswa   :  Tentang perubahan energi bu
Siswa   :  Tentang menulis laporan bu
Siswa   :  Tentang cara berhemat listrik
Siswa   :  Tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman
Guru    :  Ya.Bagus sekali jawaban kalian semua. Jadi harapan ibu kalian bisa mengaplikasikan apa yang kita pelajari hari ini di rumah yah
Siswa   :  Iya bu guru
Guru    : Sebelum kita mengakhiri pelajaran hari ini. Ibu ingin memberikan tugas kepada kalian untuk dikerjalan di rumah. Kalian bisa meminta bantuan orang tua kalian untuk mengerjakannya. Mengerti?
Siswa   :  Mengerti ibu guru
Guru    :  Jadi tugas kali ini adalah melengkapi tabel yang ada di buku halaman 41. Isi tabel ini adalah tentang aturan hemat energi di rumah. Tugas ini ibu beri waktu selama 1 minggu. Kalian centang kegiatan mana yang kalian lakukan di rumah dalam rangka penghematan energi. Semua sudah paham?
Siswa   :  Sudah bu
Guru    :  Baik, sebelum kita pulang kita berdoa dulu yah. Untuk ketua kelasnya pimpin doa dulu.
Siswa   :  Teman-teman sebelum kita pulang mari berdoa sesuai agama kita masing-masing. Berdoa dimulai…….selesai
Guru    :  Jangan lupa yah dengan tugas yang sudah ibu berikan. Ibu akhiri pelajaran hari ini. Assalamualaikum dan selamat siang
Siswa   :  Waalaikumsalam
Siswa   :  Selamat siang juga bu








0 komentar:

Posting Komentar